Mengenal Dunia Farmasi dan Fakta-fakta di Baliknya

1 komentar
Mengenal Dunia Farmasi

Teman-teman pasti sudah mengenal kata farmasi yang biasanya identik berhubungan dengan kata apoteker. Tapi tahukah tentang definisi dan fakta-fakta seputar dunia farmasi? Nah, kali ini kita akan membicarakan tema ini, mudah-mudahan bisa menjadi informasi yang bermanfaat seputar dunia kesehatan, ya.

Definisi Farmasi

Kata farmasi yang berfokus pada bidang ilmu kesehatan dan ilmu kimia ini mempunyai beberapa definisi, termasuk dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI.

Farmasi merupakan cara dan teknologi pembuatan serta cara penyimpanan, penyediaan dan penyaluran obat.

Definisi lain yang dikutip dari sekolah farmasi The Chinese University of Hongkong atau CUHK tentang farmasi adalah

profesi kesehatan yang menghubungkan ilmu kesehatan dengan ilmu kimia dan bertanggung jawab untuk memastikan penggunaan obat yang aman bagi masyarakat

Dari dua definisi di atas kita bisa mengambil kesimpulan betapa pentingnya peran farmasi dalam kehidupan kita. Tak terbayangkan bagaimana jadinya dunia kita tanpa ada andil dari para ahli farmasi ini.

Fakta-fakta Seputar Dunia Farmasi di Indonesia

Fakta-fakta Seputar Dunia Farmasi

Farmasi memegang peranan dalam kehidupan kita, terutama dalam masalah kesehatan. Dengan perkembangan dunia farmasi yang semakin modern, banyak juga inovasi-inovasi terbaru oleh para ahli farmasi untuk menanggulangi masalah kesehatan yang terjadi di sekitar kita.

Dunia farmasi semakin berkembang dari masa ke masa. Banyak hal-hal baru sesuai eranya yang terus hadir sebagai bentuk adaptasi dan respon dunia farmasi terhadap dinamika perkembangan zaman.

Berikut beberapa fakta tentang dunia farmasi saat ini.

1. Farmasi Berasal dari Bahasa Yunani

Farmasi merupakan kata yang berasal dari Bahasa Yunani Pharmacon. Pharmacon sendiri dalam bahasa aslinya mempunyai arti racun atau obat. Kemudian pada kisaran tahun 1400 sampai 1600 farmasi dikenal dengan istilah farma atau pharma. Seiring berjalannya waktu kemudian farmasi dikenal dengan istilah pharmacy dalam Bahasa Inggris dan dalam Bahasa Indonesia dikenal dengan istilah farmasi.

2. Ahli Farmasi di Indonesia Disebut dengan Farmasis atau Apoteker

Farmasis atau apoteker adalah gelar profesional dengan spesifikasi keahlian dalam bidang farmasi. Farmasis atau apoteker ini bisa bekerja baik di instansi pemerintah maupun swasta sebagai badan pengawas obat dan atau makanan di industri farmasi, rumah sakit, apotek, atau sarana kesehatan lainnya.

3. PAFI, Wadah Organisasi Para Ahli Farmasi

Untuk mewadahi para ahli farmasi dalam satu organisasi maka dibentuklah PAFI. PAFI sendiri adalah singkatan dari Persatuan Ahli Farmasi Indonesia yang dibentuk di Yogyakarta pada 13 Februari 1946. PAFI dibentuk sebagai organisasi keprofesian dengan sifat kekaryaan dan pengabdian.

Untuk dapat mewadahi seluruh ahli farmasi di Indonesia, maka PAFI membentuk cabang-cabangnya di seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Dengan banyaknya cabang PAFI di seluruh wilayah di nusantara ini tak heran PAFI dikenal dengan salah satu organisasi yang dikenal mempunyai perwakilan di setiap kotanya. Berikut beberapa contoh cabang PAFI:

  • Persatuan Ahli Farmasi Indonesia Lamandau, beralamat di Jalan  W.R Supratman Nomor. 20 Nanga Bulik, Lamandau, Kalimantan Tengah. PAFI Lamandau ini mempunyai alamat situs di https://pafilamandau.org/ 
  • PAFI Garut sebagai salah satu cabang di Jawa Barat yang beralamat di Jalan Raya Bandung, Garut. Untuk dapat menghubungi PAFI Garut ini bisa berkoneksi dengan e-mailnya di  admin.pafigarutkab@gmail.com
  • Dari Bengkulu ada PAFI Karang Tinggi yang berlokasi tepatnya di Jalan Bengkulu Kepahiang, Kabupaten Karang Tunggi. Nomor kontak PAFI Karang Tinggi yang dapat dihubungi adalah  +6285155149589

4. 13 Februari Sebagai Hari Farmasi Nasional

Lahirnya PAFI pada tanggal 13 Februari 1946 di Hotel Merdeka Yogyakarta menjadi tonggak sejarah bagaimana sepak terjang sosok Zainal Abidin berhasil menyatukan para ahli farmasi dalam suatu wadah organisasi keprofesian. Zainal Abidin yang juga menjadi ketua pertama PAFI ini kemudian berhasil menjadikan PAFI sebagai organisasi farmasi pertama dan tertua yang hadir di Indonesia.

Maju Terus Dunia Farmasi Indonesia

Dunia Farmasi Indonesia

Dalam sistem kesehatan nasional, tugas para ahli farmasi tidak main-main. Mereka berperan penting dalam setiap tugasnya seperti contohnya memastikan keamanan dan efektivitas dari sebuah obat. Untuk itu, profesi ini memang memegang peranan vital dalam hal kesehatan di masyarakat.

Demikian informasi pengenalan dan fakta-fakta tentang dunia farmasi di Indonesia. Mudah-mudahan bisa menjadi informasi dan referensi untuk teman-teman, terutama adik-adik yang sedang bersekolah tingkat SMA atau sederajat yang mempunyai cita-cita untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi jurusan farmasi, semoga tulisan ini bisa menjadi info dasar tentang dunia farmasi.

Lebih jauh lagi semoga dunia farmasi di Indonesia semakin maju sebagai kesatuan yang tak terpisahkan dengan sistem kesehatan nasional. Semoga PAFI sebagai organisasi para ahli farmasi dapat menjadi wadah untuk mengembangkan dan memajukan keprofesionalan para ahli farmasi di bidangnya untuk juga dapat bersinergi dengan instansi lainnya dalam sistem kesehatan di Indonesia sehingga kemanfaatannya dapat dirasakan dengan maksimal oleh masyarakat banyak.

Yonal Regen
Family man who love sharing about parenting, education, technology, and humanities. Find me at 26syafiqregen@gmail.com

Related Posts

1 komentar

duniamasak mengatakan…
semoga selalu sehat dan sukses untuk kita semua ya :D