Mengenal Jenis-jenis Najis

7 komentar
jenis-jenis najis

Salah satu syarat sebelum melakukan ibadah salat, seorang muslim harus bersih terlebih dahulu dari najis, baik dari badannya, pakaiannya, maupun tempatnya. Maka sejatinya setiap muslim mengetahui apa saja jenis-jenis najis yang ada dalam syariat Islam dan juga paham bagaimana cara membersihkannya.

3 Jenis Najis dan Cara Membersihkannya

Najis adalah jenis kotoran dalam sudut pandang aturan Islam yang cara membersihkannya mempunyai aturan khusus. Dalam syariat Islam, najis terdiri dari 3 jenis, yaitu najis mukhopapah, mutawasithoh, dan mugholadzoh.

Najis Mukhopapah

Najis mukhopapah adalah najis ringan di antara 3 jenis najis. Yang termasuk najis mukhopapah adalah air pipis bayi laki-laki di bawah umur 2 tahun yang belum diberi makanan selain air susu ibu (ASI).

Cara membersihkan najis mukhopapah termasuk sangat gampang, tinggal dibersihkan dengan air secukupnya, sekali saja.

Najis Mutawasithoh

Najis mutawasithoh disebut juga najis pertengahan. Yang termasuk jenis najis ini contohnya adalah semua jenis kotoran/feses baik manusia maupun hewan.

Cara membersihkan jenis  najis ini dengan cara membasuhnya dengan air tiga kali atau sampai hilang zat dari najis tersebut baik dari baunya, warnanya, ataupun rasanya.

Najis Mugholadzoh

Najis mugholadzoh adalah kategori jenis yang paling berat di antara jenis najis lainnya. Yang termasuk jenis najis mugholadzoh adalah ketika kita bersentuhan dengan babi dan atau terjilat oleh anjing.

Cara membersihkan jenis najis mugholadzoh butuh effort yang luar biasa, karena harus dibersihkan dengan air sebanyak 7 kali yang salah satu di antara 7 basuhan air itu harus menggunakan tanah.

Penutup

Demikian jenis-jenis najis dan cara membersihkannya dalam pandangan Islam. semoga dengan terbebasnya kita dari najis sebelum melakukan salat, bisa menjadi salah satu ikhtiar dalam kekhusuan dan kesempurnaan salat. Amin.

Referensi: Kitab Safinatunnaja

Yonal Regen
Family man who love sharing about parenting, education, technology, and humanities. Find me at 26syafiqregen@gmail.com

Related Posts

7 komentar

septi ayu azizah mengatakan…
Jadi ingat pelajaran agama di SD dulu. Penting banget buat tahu macam najis dan cara membersihkannya agar diri tetap menjaga kesucian.
Hal sepele ini, tapi bisa merusak ibadah kita ya pak kalau nggak diperhatikan
Nia M Wardani mengatakan…
Jadi ingat kisah tentang seseorang yang masuk neraka karena tidak memperhatikan kebersihannya ketika di toilet.
Maulina Ismaya Dewi mengatakan…
sip,sangat penting meski terkesan ringan, menjaga diri dari semua najis ini akan lebih afdhol dlm ibadah
Miela Baisuni mengatakan…
Di jaman sekarang semakin jarang yang paham tentang najis dan cara mensucikannya. Konten-konten semacam ini memang perlu sering up biar banyak yang teredukasi. Makasi pak Yonal!
Puput Maulani Mariam mengatakan…
masyaa allah, jadi inget masa-masa TPA dulu. dulu tuh masih SD udah belajar macam-macam najis gini. sekarang diremind lagi sama pak yonal 😁
Martin Setiawan mengatakan…
terima kasih asupan ilmunya bang. Aku cuma tahu kalau itu najis, tapi nggak paham pengelompokannya