Manfaat Shalawat Kepada Nabi Muhammad Saw

Posting Komentar

Selaku umat muslim, kita dianjurkan untuk selalu membaca sholawat kepada Nabi dan pemimpin kita yang lahir di zaman jahiliyyah yakni Nabi Muhammad saw, di mana pun dan kapan pun tanpa batas. Sholawat merupakan amalan yang sangat besar pahalanya karena dalam dalil Qurannya pun Allah Swt dan para malaikat membaca sholawat kepada Nabi, masa kita selaku umatnya tidak mau membaca sholawat kepada nabi.

Shalawat Nabi

Shalawat adalah bacaan yang semua orang sering diucapkan di mana pun dan kapan pun, namun dalam membaca shalawat pun ada adab dan prilaku yang harus di lakukan. Dalam referensi yang lain, yang bershalawat bukan hanya manusia, malaikat yang ber-kholwat tetapi juga hewan, tumbuhan, dan semua makhluk hidup serta benda mati alam ini semuanya bershalawat.

Manfaat Shalawat Bagi Kita Sebagai Manusia.

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda jika dalam suatu perkumpulan tidak membaca sholawat, akan menjadi penyesalan di hari kiamat. Nah bisa disimpulkan bahwa sholawat itu penting dan kita sebagai manusia wajib membaca sholawat karena ketika tidak membaca shalawat akan menjadi sebuah penyesalan di hari kiamat nanti.

Orang yang bersholawat akan diberi pertolongan di hari kiamat nanti.Shalawat juga akan mempermudah kita menjadi orang yang ingat ketika lupa.

Dalam keterangan yang lain, Rasul bersabda siapa yang berholawat kepadaku satu kali makan akan di balas 10 kali. Ketika kita berjalan sambil membaca sholawat mungkin sudah beribu ribu balasan yang diterima oleh kita ketika membaca sholawat.

Nabi juga pernah berkata, barang siapa yang bershalawat 1000 kali, maka akan di perlihatkan surga sebelum matinya. Bisa kita lihat dan cermati bahwa begitu dahsyatnya balasan ketika dalam membaca sholawat. 

Mari kita niatkan dalam hati kita untuk selalu membaca shalawat dan dimudahkan dalam niatan kita. Kita niatkan karena Allah, bukan karena hal hal yang lain yang menyimpang dalam ajaran ahluss sunah wal jama’ah.


Artikel ditulis oleh:
Dede Diki Abdul Mughni
Siswa Kelas XII angkatan 2022
MA Raudlotul Ulum Kadudampit , Kabupaten Sukabumi

Yonal Regen
a Father of four, Educator and Author of Narasi Ayah Guru

Related Posts

Posting Komentar