Tips Menang Lomba Blog Ala Mom Queensha

2 komentar
tips menang lomba

Tips menang lomba blog pastinya dibutuhkan oleh para blogger yang mengikuti perlombaan-perlombaan menulis di blog, khususnya para blogger yang baru terjun ke dunia kompetisi blog. Salah satu caranya adalah mengintip bagaimana para pemenang lomba blog dalam menyusun artikelnya sehingga menggaet hati para juri.

Kali ini ada salah satu teman blogger, Yunita Srie Wijaya atau biasa disebut Mom Queensha yang akan berbagi tipsnya, bagaimana perjalanan ia sampai bisa memenangkan beberapa perlombaan yang ia ikuti. Terakhir, ia baru saja memenangkan lomba review fitur IDN app pada kategori juara umum yang diumumkan awal Juni lalu.

Sekilas Tentang Mom Quensha

Yunita Srie Wijaya atau biasa dipanggil Mbak Yuni, adalah seorang ibu dengan 3 orang anak yang kini tinggal di Batam. Aslinya ia dari Palembang, namun kini menetap di kota yang berbatasan dengan Singapura dan Malaysia ini bersama suami dan anak-anaknya.

Panggilan Mom Queensha sendiri diambil dari nama anak pertama Mbak Yuni yang bernama lengkap Queensha Aleena. Selain itu, ia juga kadang di panggil Mbak Yunniew, singkatan dari Yunita Srie Wijaya.

Sebelum terjun menjadi seorang blogger, Mbak Yuni adalah seorang perempuan karier. Ia pernah bekerja di beberapa kantor sebagai staff quality assurance, sampai pernah di posisi HRD juga.

Selain ngeblog, ia juga aktif sebagai relawan untuk membantu pesantren-pesantren di Indonesia dalam Gerakan Cinta Pesantren atau yang dikenal dengan GERCEP. Hebat memang, di rengah kesibukannya membersamai tumbuh kembang 3 buah hatinya, ia masih menyempatkan untuk berkontribusi pada sesama.

Di dunia blog, ia belajar dengan beberapa komunitas blog, di antaranya Blogspedia Coaching for beginner asuhan Mbak Marita Ningtyas dan juga di ODOP Blogger Squad (OBS), kelas yang diadakan oleh komunitas One Day One Post yang diketuai Mbak Jihan Mawaddah. Dua pembimbing inilah yang juga memotivasinya untuk ikut beberapa kompetisi blog, karena baik Mbak Marita maupun Mbak Jihan adalah dua orang yang langganan menjuarai perlombaan menulis di blog. 

Walau sudah memenangkan beberapa perlombaan blog, Mbak Yuni tidak jumawa. Ia tetap dengan senang hati membagikan ilmu-ilmunya tentang bagaimana perjalanan ia sampai dapat memenangkan beberapa perlombaan menulis di blog.

Tips Menang Lomba Blog

tips menang lomba

Selain baru memenangkan lomba review IDN app di blog, Mbak Yuni juga baru menjadi salah satu pemenang dalam lomba blog yang diadakan Dompet Dhuafa pada Ramadan Silam. Dua kemenangan yang ia raih dalam waktu yang berdekatan. Luar biasa.

Saat ia mengikuti lomba review IDN app di blog, tak tanggung-tanggung, ia mendaftarkan dua artikel di dua blog yang ia miliki. Hebatnya, salah satu artikelnya mencuri perhatian para juri dan mengantarkannya menjadi salah satu pemenang di kategori Juara Umum.

Ketika namanya disebut menjadi salah satu pemenang di Instagram IDN app, ia mengatakan sangat merasa bahagia bahwa tulisannya menarik perhatian para juri. Ia menambahkan, kemenangannya adalah salah satu bentuk apresiasi baginya di dunia blogging.

Keseriusannya dalam mengikuti lomba juga luar biasa. Ia meriset cukup lama materi yang akan dilombakan. Ketika serasa sudah matang, barulah ia membuat draft tulisan yang akan ia submit.

Beberapa tips untuk para blogger yang ia bagikan untuk menang lomba blog antara lain

Belajar Dari Para Blogger Senior

Mbak Yuni mengatakan bahwa ia beruntung bisa mengenal sosok-sosok seperti Mbak Jihan dan Mbak Marita. Mereka berdua adalah blogger-blogger senior yang telah banyak memenangkan lomba blog.

Pengalaman dan pengajaran dari para blogger senior di kelas dan komunitas blog ia serap dan dijadikan motivasi untuk maju dan mengikuti lomba-lomba blog.

Berani Mencoba

Tidak ada angka 10 jika tidak dimulai dari angka 1

Filosofi itu yang ia pegang erat. Mbak Yuni meyakini bahwa blogger-blogger yang sudah menjadi langganan menjadi juara di setiap lomba blog pastinya memulai dari angka 1, yaitu keberanian untuk berani mencoba mengikuti perlombaan. Ia mengautkan bahwa tidak akan ada nama kita di papan peringkat lomba jika kita tidak berani mencoba mengikuti perlombaannya.

Jangan Pikirkan Menang atau Kalah

Ketika sudah berani untuk mengikuti perlombaan blog, langkah selanjutnya adalah jangan memikirkan akan menang atau kalahkah artikel yang kita submit. Just forget it.

Karena urusan kalah menang adalah hal biasa, yang penting adalah mulai saja dulu, karena pemenang sesungguhnya adalah mereka yang berani melawan rasa takut. Kata Mbak Yuni menutup kalimat-kalimat untuk tipsnya.

Ayo Ikut Lomba!

Demikian beberapa tips menang lomba blog ala Mom Queensha. Semoga teman-teman yang sedang atau akan ikut lomba-lomba menulis di blog tambah semangat dengan adanya beberapa tips dari beliau. Jangan lupa dengan tips untuk menang lombanya dengan tetap belajar dari para blogger lain yang lebih senior, berani untuk mencoba, dan juga jangan pikirkan ihwal menang kalahnya.

Yonal Regen
a Father of four, Educator and Author of Narasi Ayah Guru
Terbaru Lebih lama

Related Posts

2 komentar

  1. Wow narasi penulis media nasional itu emang beda banget yaaa.. Aku syuka ini. Makasih pak Yo, edifikasinya keren euy.

    BalasHapus
  2. MasyaAllah keren banget emang ibuk satu itu 😍

    BalasHapus

Posting Komentar