Qoute Pendidikan Penyemangat Pelajar dan Pengajar

1 komentar
qoute pendidikan

Qoute pendidikan atau kata-kata kutipan yang berhubungan dengan pendidikan bisa menjadi motivasi baik bagi pelajar maupun pengajar. Kenapa pelajar dan pengajar? karena yang butuh motivasi tidak hanya pelajar saja dalam belajar, tapi juga sosok guru dalam mengajar.

Qoute atau kutipan bisa diartikan sebagai ucapan atau kalimat yang berisi ide-ide menarik , gagasan, ataupun pendapat. Kutipan dapat juga dijadikan acuan atau sumber memperkuat, menambah, atau memperjelas suatu bahasan.

Sebenarnya, tidak hanya pelajar dan pengajar yang butuh manusia. Sejatinya semua manusia adalah insan pembelajar yang butuh penyemangat dalam masa mencari ilmunya.

Qoute pendidikan bisa banyak kita temukan, baik dari akademisi senior ataupun dari orang-orang terdahulu yang mempunyai pengaruh di masyarakat. Kata-kata yang keluar dari mereka biasanya mempunyai pengaruh besar.

Dunia pendidikan sendiri tak melulu tentang kita yang berhadapan dengan buku, tapi makna pendidikan sangatlah luas, ia tentang kita yang selalu haus dengan segala informasi dan ilmu pengetahuan, ilmu berorganisasi, dan juga ilmu aplikatif untuk hidup.

Qoute Pendidikan Islam Dari Kitab Ta'lim Muta'alim

Ta'lim Muta'alim adalah kitab kuning yang banyak dibahas di pesantren-pesantren tradisional. Isinya membahas tentang adab-adab yang harus dimiliki oleh para pencari ilmu, agar ilmu yang sedang dicarinya berhasil, dapat diamalkan, dan juga mengandung berkah.

Petuah-petuah dalam kitab Ta'lim Muta'alim sangat banyak mengandung motivasi untuk para pencari ilmu. Kutipan dalam kitab ini banyak berasal dari hadis Nabi, perkataan para ulama, atau juga syair-syair dalam Bahasa Arab.

Berikut 10 Qoute Pendidikan yang dikutip dari kitab Ta'lim Muta'alim

ta'lim muta'alim

  1. Sepatutnya setiap pencari ilmu mempunyai cita-cita yang tinggi. Seorang yang mempunyai cita-cita tinggi dapat terbang ketika ia melihat burung yang terbang dan ia bercita-cita menirunya.
  2. Para pencari ilmu sepatutnya harus telaten, tidak memperbanyak tidur, tidak makan kekenyangan, dan membiasakan diri membaca, karena ilmu bida didapat dengan membaca
  3. Insan pembelajar harus memaksimalkan masa mudanya dan memanfaatkan hari-harinya untuk terus mencari ilmu
  4. Setiap pelajar harus membiasakan diri dengan membaca, baik pada awal atau akhir malam, karena di dua waktu tersebut adalah waktu-waktu keberkahan
  5. Seorang pelajar harus menjadikan malam sebagai kendaraannya yang akan membawa dia pada cita-citanya
  6. Setiap orang yang memiliki cita-cita akan diuji dengan kesukaran untuk menguji seberapa kuat ia dengan cita-citanya
  7. Sungguh-sungguh dalam mencari ilmu akan mendekatkan ilmu yang jauh. Kesungguhan juga akan membukakan pintu kesukaran
  8. Seorang pelajar tidak akan berhasil dalam belajarnya jika tidak menghormati ilmu dan pemberi ilmunya
  9. Barang siapa yang mencari ilmu untuk bekal hidup di akhirat, maka ia akan bahagia, bahagia, dan mendapat petunjuk dari Allah Swt
  10. Dalam mencari ilmu, niat adalah modal dasar dari semuanya

Ayo Semangat Dalam Mencari Ilmu

belajar dan mengajar

ilmu adalah sebuah kewajiban baik untuk laki-laki maupun perempuan. kewajibannya berlaku selama hayat dikandung badan.

Sejatinya mencari ilmu harus penuh semangat, karena ia adalah kegiatan abadi selama hidup. Memotivasi diri untuk semangat mencari ilmu bisa dari mana saja, baik internal maupun eksternal.

Dengan semangat dalam mencari ilmu, semoga kita berhasil dalam prosesnya, mengamalkan dengan bertahap, dan yang paling utama adalah ilmu kita termasuk ilmu yang diberkahkan.

Semoga tulisan ini bisa menjadi salah satu jalan untuk kita terus termotivasi menjadi insan pembelajar  yang terus semangat dalam mencari ilmu. Jika nenek moyang kita saja, Nabi Adam As, Allah anugerahkan segala ilmu untuk kehidupannya, semoga kita pun sebagai umat akhir zaman mendapatkan setitik demi setitik dari luasnya lautan ilmu yang Allah siapkan.

Yonal Regen
a Father of four, Educator and Author of Narasi Ayah Guru

Related Posts

1 komentar

  1. Quote no 4 aku paling syuka.. Dari dulu ini senjataku sampai sekarang pak.

    BalasHapus

Posting Komentar