BLANTERWISDOM101

Vaksinasi Covid-19 Untuk Usia 12-17

Minggu, 14 November 2021
vaksinasi covid-19 untuk pelajar

Pemberlakuan pembelajaran tatap muka (PTM) secara bertahap merupakan angin segar bagi seluruh orang tua, pelajar, dan juga guru-guru. Namun ada beberapa syarat yang juga harus dipatuhi oleh seluruh masyarakat untuk proses pembukaan pembelajaran tatap muka ini, di mana salah satunya adalah telah di vaksinnya baik guru maupun siswa di sekolah atau madrasah.

Guru sebagai salah satu garda terdepan dalam dunia pendidikan telah mendapat dosis vaksin Covid-19 awal dari negara. Pada awal tahun pelajaran, secara berkala para guru telah diberikan vaksin, baik dosis pertama maupun dosis kedua.

Untuk para siswa, karena jumlahnya yang luar biasa, pelaksanaan vaksinasi berlangsung secara bertahap selama semester satu di tahun ajaran 2021/2022 ini.  Semoga saja ketika selesai akhir semester satu di bulan Desember ini, para siswa telah selesai melaksanakan vaksin, sehingga pembelajaran di semester dua benar-benar kembali normal.

Vaksinasi Covid-19 di MTs Raudlotul Ulum Kadudampit Sukabumi

Sebagai seorang wali kelas di MTs Raudlotul Ulum Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, tentunya menjadi kewajiban untuk menyemangati anak-anak untuk melaksanakan vaksinasi covid-19 ini sebagai salah satu ikhtiar kita sebagai warga negara Indonesia agar terbebas dari pandemi Covid-19.

Pada Rabu, 10 November 2021, bertepatan dengan hari pahlawan, Madrasah Tsanawiyah bekerja sama dengan puskesmas kecamatan Kadudampit melaksanakan vaksinasi Covid-19 untuk para siswa-siswi seluruhnya, dari kelas tujuh sampai kelas sembilan.

Sebelum pelaksanaan vaksinasi, terlebih dahulu anak-anak diberi surat pemberitahuan dan perizinan untuk para orang tua. Hal ini untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan untuk anak yang mempunyai penyakit tertentu dan atau tidak diberi izin oleh para orang tuanya.

Tak bisa sembarangan memang untuk melaksanakan proses vaksin untuk pelajar ini, karena ada syarat dan ketentuan yang harus juga dipahami sebelum melaksanakan vaksinasi.

vaksinasi covid-19

Syarat Vaksinasi Covid-19 Untuk Para Pelajar di Atas Usia 12 Tahun

Pelajar Mts yang sederajat dengan SMP ini rata-rata usia masuk sekolah pertama kali adalah 12-13 tahun sehingga masuk dalam sasaran proses vaksinasi Covid-19 oleh negara untuk usia 12-17 tahun. Walaupun sudah masuk usia kategori 12-17 tahun, namun proses untuk melaksanakan vaksinasi harus mengikuti syarat dan prosedur yang berlaku terlebih dahulu.

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk vaksinasi kategori anak 12-17 tahun adalah:

  • Dosis vaksin yang diberikan adalah 0,5 ml
  • Penyuntikan vaksin di posisi lengan atas
  • Penyuntikan vaksin diberikan dua kali dengan jeda satu bulan
  • Tidak boleh diberikan pada anak di bawah usia 12 tahun

Hal lain yang juga harus diperhatikan adalah gejala yang timbul setelah melaksanakan vaksinasi. Biasanya demam dan pusing adalah hal lumrah yang terjadi. Agar para siswa bisa istirahat setelah melaksanakan proses vaksinasi itu, sekolah diliburkan selama dua hari.

Ikhtiar Maksimal Madrasah Untuk Kesehatan Bersama

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di sekolah atau madrasah adalah salah satu bentuk ikhtiar untuk menjaga kesehatan. Walaupun kondisi pandemi Covid-19 sudah mulai mereda, namun usaha untuk menjaga kesehatan tidak boleh kendor, apalagi dunia sekolah yang mempunyai kumpulan banyak orang harus sangat terjaga protokoler kesehatannya.

Semoga dengan pelaksanaan vaksinasi ini semua warga sekolah dapat terjaga kesehatannya dan pembelajaran di semester-semester berikutnya dapat kembali normal seperti sedia kala. Amin

Share This :
Asmawati Dalfa

a mom of four, science teacher, and parenting enthusiast

20 comments

Terima kasih sudah berkunjung dan bersilaturahmi. Semoga bermanfaat

  1. Semoga Allah selalu mmeberikan kesehatan kepada kita semua. Amin

    BalasHapus
  2. Selamat sudah melaksanakan vaksin untuk para siswa

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah para siswa SMP/Mts juga telah diberi vaksin, semoga sehat selalu

    BalasHapus
  4. Syukurlah kalo sekolah" sudah memberikan vaksinasi untuk para murid-muridnya, semoga virus ini cepat hilang biar sekolahnya bisa offline lagi

    BalasHapus
  5. Mudah-mudahan musim covid dapat segera berakhir agar para siswa dapat kembali melaksanakan pembelajaran tatap muka tanpa adanya halangan lagi

    BalasHapus
  6. Nunggu vaksin covid buat anak di bawah 5 tahun biar lebih aman buat semua. Indonesia cepet bebas dari covid.

    BalasHapus
  7. Semoga vaksin tersebut bisa cepat terdistribusi ke daerah-daerah plosok

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah, sebagai pengajar dan pelajar sangat urgent sekali untuk di vaksin, mengingat sekolah tempat bernaung dan berkumpul. stay healty.

    BalasHapus
  9. Informatif Kak. Semoga semuanya sehat dan pandemi segera berlalu..

    BalasHapus
  10. Semoga pandemi ini cepat berlalu ya, jadi murid-murid bisa bebas sekolah dan bermain bersama temannya

    BalasHapus
  11. Alhamdulillah ada angin segar untuk pembelajaran tatap muka. Di Batam juga sudah mulai PTM, karena capaian vaksinasi hampir memenuhi target.

    BalasHapus
  12. Alhamdulillah udah mulai vaksin buat anak 12 tahun. Semoga mereka makin semangat belajarnya karena udah mulai tatap muka :D

    BalasHapus
  13. Wah masyaaAllah aku kudet banget kemana aja ya sekarang vaksin umur 12 tahun udah ada. alhamdulillah, jadi lebih nyaman dan ngga khawatir ya untuk mamak2 yang punya anak usia menjelang remaja gini

    BalasHapus
  14. Alhamdulillah akhirnya vaskin Covid untuk anak usia 9-12 tahun sudah bisa diterapkan. Semoga sekarang bisa belajar tatap muka terus dan anak-anak sehat selalu. Gurunya juga sehat :)

    BalasHapus
  15. Semoga tidak ada lagi gelombang covid di Indonesia seperti yg saat ini terjadi di negara lain. Semoga herd immunity benar2 sudah tercapai dan segera bebas dari pandemi ini

    BalasHapus
  16. Vaksin ngga vaksin balik ke masing masing. Intinya teyap jaga kesehatan

    BalasHapus
  17. Alhamdulillah, vaksin sudah menyebar untuk anak-anak. Karena sedikit khawatir aja kalo misalkan sekolah rata-rata udah tatap muka, tapi belum di vaksin sama sekali.

    Semoga aja dengan ikhtiar ini bisa mengalahkan wabah yang sudah menyebar selama 2 Tahun ini.

    BalasHapus
  18. Semoga dengan berlangsungnya vaksinasi Covid untuk usia 12-17 tahun, kekebalan tubuh semakin tinggi, covid segera hilang dan pandemi segera berakhir. Aamiin.

    BalasHapus
  19. Alhamdulillah vaksinasi Covid-19 di sekolah kami sudah dilaksanakan. Setuju sekali bahwa vaksinasi salah satu bentuk ikhtiar untuk menjaga kesehatan.Semoga kondisi pandemi Covid-19 segera mereda.

    BalasHapus
  20. Malah wacananya, anak usia 10 tahun juga bakal di vaksin supaya bisa PTM secara maksimal kak

    BalasHapus