Menyempurnakan Shalat Dengan 8 Syaratnya

Posting Komentar
8 syarat shalat

Salat merupakan kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan oleh umat Islam selama hayat masih dikandung badan. Pentingnya salat dalam kehidupan umat Islam karena akan dijadikan amalan pertama yang akan diperiksa di yaumil hisab kelak.

Sebelum melaksanakan Salat, sebaiknya setiap muslim mengetahui terlebih dahulu ilmu-ilmu yang berhubungan dengan salat, seperti syarat dan rukun salat. Kali ini di tulisan ini, kita akan membahas salah satunya, yaitu syarat salat yang berjumlah delapan.

8 Syarat Salat

Yang dimaksud dengan syarat-syarat salat adalah hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum seseorang melaksanakan salat, sedangkan rukun salat adalah hal-hal yang harus dilakukan ketika melakukan salat. Delapan rukun salat itu adalah:

1. Bersih Dari Dua Hadas

Yang dimaksud dengan dua hadas adalah hadas kecil dan hadas besar. Hadas kecil adalah hal-hal yang mewajibkan wudhu, sedangkan hadas besar adalah hal-hal yang oleh karenanya diwajibkan untuk mandi besar.

2. Bersih Dari Najis

Bersih dari najis baik di baju, badan, maupun tempat salat.Najis yang dimaksud adalah semua jenis najis, baik mukhopapah, mutawasitoh, maupun mugoladzoh.

3. Menutup Aurat

Dalam salat, aurat perempuan adalah seluruh badannya, kecuali wajah dan kedua telapk tangannya. Sedangkan aurat laki-laki, minimal menutup antara lutut dan pusarnya.

4. Menghadap Kiblat

Semua umat Islamdiinstruksikan dalam syariat untuk menjadikan ka'bah sebagi patokan arah salat, sehingga kita yang berada di Indonesia menghadap ke arah barat sebagai patokan kiblatnya.

5. Telah Masuk Waktu Salat

Tidak boleh melaksanakan salat yang mempunyai waktu di luar yang ditentukan. Contoh, salat Dzuhur di jam 10 pagi, ketika matahari belum naik pas di atas kepala, dan bayangan pas di kaki kita

6. Tahu Tentang Fardu Salat

Maksud dari mengetahui tentang fardu salat yaitu bahwa ketika seseorang slat Dzuhur, ma ia tahu bahwa hukum salat dzuhur itu adalah fardu 'ain, yaitu kewajiban yang harus ditanggung sendiri dan tidak bisa diwakilkan kepada orang lain.

7. Tidak Boleh Berniat Sunat Untuk Salat Fardu

Tentang tidak boleh berniat sunat untuk hal-hal yang fardu di dalam salat, itu tidak diperbolehkan untuk seluruh salat atau bagian-bagian rukunnya saja, seperti membaca surat alfatihah dalam salat yang hukumnya wajib, tidak boleh diniatkan sunat ketika membacanya.

8. Menjauhi Hal-hal Yang Membatalkan Salat

Banyak sekali hal-hal yang dapat membatalkan slat seseorang yang tentunya harus dihindari, seperti berbicara di luar bacaan-bacaan salat, atau bergerak di luar gerakan-gerakan salat, maka itu semua dilarang dilakukan.

Salat Sebagai Rukun Islam Kedua

Semoga setiap langkah maksimal kita untuk melaksanakan kewajiban rukun Islam yang kedua ini bisa menambah-nambah kita untuk belajar khusus dalam salat dan semoga salat kita diterima oleh Allah SWT, sehingga kelak salat kita dapat mendapat predikat baik ketika diperiksa di hari kiamat. Amin

Demikian delapan syarat salat yang diintisarikan dari Kitab Safinatunnaja, semoga bermanfaat dan semoga kita terus dapat belajar untuk terus memperbaiki salat kita semua.

Asmawati Dalfa
a mom of four, science teacher, and parenting enthusiast

Related Posts

Posting Komentar