Akhir Pekan di Bumi Perkemahan Cinumpang Kadudampit

12 komentar
bumi perkemahan cinumpang

Akhir pekan waktunya quality time bareng keluarga. Kali ini kita jalan-jalan ke Bumi Perkemahan Cinumpang yang ada di wilayah Kadudampit, Kabupaten Sukabumi.

Bumi perkemahan Cinumpang adalah salah satu dari banyak tempat tujuan wisata di Kadudampit, Kabupaten Sukabumi. Banyak hal yang bisa kita dapatkan di perkemahan yang sangat sejuk ini. Pastinya pulang dari sini terasa sekali raga kita ter-refresh-kan

Tiket Masuk & Fasilitas-fasilitas di Bumi Perkemahan Cinumpang Kadudampit

Lokasi perkemahan Bumi Cinumpang tidak jauh dari Kedai Awi Tali yang terkenal dengan colenaknya. Teman-teman dari luar Sukabumi seperti Jakarta dan Bogor, bisa naik kereta pangrango dari Bogor dan berhenti di stasiun Cisaat, kemudian melanjutkan perjalanan ke utara, menuju Kadudampit untuk menuju Bumi Perkemahan Cinumpang.

Tiket Masuk Cinumpang

Saat kita sekeluarga main ke Bumi Perkemahan Cinumpang di awal Juni 2023 kemarin, tiket masuk per orangnya cuma 5 ribu rupiah. Kita datang 10 orang, jadi cukup mengeluarkan uang 50 ribu saja.

Harganya cukup murah, jadi tidak akan terlalu menguras dompet walaupun datang banyakan bareng keluarga atau teman-teman.

Fasilitas di Bumi Perkemahan Cinumpang

Dengan tiket masuk 5 ribu saja, lumayan lah kita bisa ngadem di alam terbuka dengan beberapa fasilitas yang bisa kita nikmati di dalam area bumi perkemahan ini. Beberapa diantaranya:

Jembatan Cinumpang

jembatan cinumpang kadudampit

Sebelum masuk ke arena perkemahan di bagian bawah, kita bisa menikmati pemandangan megahnya jembatan Cinumpang yang baru di bangun. Jembatan ini memang lagi viral di Sukabumi dan banyak diburu untuk spot foto masyarakat yang berkunjung ke Cinumpang.

Tempat Bermain Anak

tempat bermain anak

Untuk yang akan datang ke sini membawa anak-anak, pasti mereka akan menyukainya. Salah satu daya tarik untuk anak-anak adalah adanya tempat bermain anak di bumi perkemahan di bawah kaki gunung gede ini.

Beberapa arena bermain anak seperti perosotan dan ayunan ada di sini. Dijamin tidak akan rebutan, karena tersedia di beberapa titik tempat bermainnya.

Gazebo  

Untuk yang ingin rebahan, ada beberapa gazebo yang bisa kita pergunakan di Cinumpang ini. Tapi pas kemarin ke sana, banyak juga yang lebih memilih menggelar tikar di atas rerumputan sambil makan bersama dan menikmati rerimbunan pohon yang menghijau.

Sungai dan Kolam Renang untuk Bermain Air

sungai cinumpang

Anak-anak pastinya suka banget bermain air. Di Cinumpang ada kolam renang dan juga sungai yang sangat jernih di sampingnya untuk membawa anak-anak kita bermain air sepuasnya.

Kemarin anak-anak lebih memilih turun ke sungai, mungkin karena bosan atau sudah biasa main air di kolam renang. Air di sungai Cinumpang aman untuk anak-anak, tapi tetap harus di bawah pengawasan orang tua juga sebaiknya.

Mushola

Untuk teman-teman muslim yang datang ke sini dan bertepatan dengan waktu salat, di sini juga tersedia mushola. Walaupun tidak besar, mushola di area perkemahan Cinumpang cukup nyaman untuk salat.

Tempat Makan

Teman-teman kalau berwisata, jadi tim yang bawa makanan atau nyari makan di tempat tujuan? kalau di area bumi perkemahan Cinumpang ini bisa banget kita jadi tim dua-duanya. Kita bisa bawa makanan dari rumah dan menikmatinya bersama keluarga di gazebo atau menggelar tikar, atau bisa juga membeli makanan di sana di warung-warung yang ada dengan ragam makanannya.

Tempat Penginapan

penginapan

Selain bisa dijadikan arena untuk berkemah, di Cinumpang ini kita bisa juga menyewa penginapan jika kita tidak ada persiapan untuk mendirikan tenda tapi ingin bermalam di sini. Ada beberapa jenis penginapan yang bisa kita pilih, jenis villa atau kamar saja, tergantung kenyamanan dan juga budget yang tersedia tentunya.

Curug Sawer

Dari area perkemahan Cinumpang, kita bisa menikmati air terjun atau dalam bahasa Sunda disebut dengan curug. Air terjun yang ada di sini dikenal dengan Curug Sawer, lokasinya dari cinumpang kita bisa terus berjalan ke arah utara sekitar 2 km. Kalau tidak mau bercape-cape jalan, ada juga jasa ojek yang bisa mengantarkan kita langsung ke Curug Sawer.

Wisata Sukabumi Siap Menyambutmu untuk Berpetualang

wisata sukabumi

Teman-teman yang lagi mencari rekomendasi untuk jalan-jalan bersama keluarga, apalagi di musim libur sekolah seperti sekarang, tempat-tempat wisata Sukabumi siap menyambut. Ada banyak destinasi wisata baik di kota maupun Kabupaten Sukabumi, termasuk bumi perkemahan Cinumpang Kadudampit.

Tidak hanya tempat-tempat wisata saja, ada banyak juga pilihan untuk wisata kuliner di Sukabumi. Di sepanjang jalan Kadudampit menuju area Situ Gunung dan Cinumpang saja lumayan banyak pilihan kuliner untuk sekedar ngopi atau menjajal makanan di Kadudampit.

Yuk berpetualang dengan jalan-jalan ke Sukabumi. Dapatkan pengalaman seru untuk dapat bercerita dan berbagi dengan dengan keluarga dan teman-teman lain yang belum merasakan sensasi sejuknya udara Sukabumi dan indahnya alam di kota kaki Gunung Gede ini, termasuk di bumi perkemahan Cinumpang Kadudampit.

Yonal Regen
Family man who love sharing about parenting, education, technology, and humanities. Find me at 26syafiqregen@gmail.com

Related Posts

12 komentar

Nita mengatakan…
Nah yang paling menarik hati itu sungai yang penuh bebatuan besar, pasti bikin betah, nih yang lagi berkemah di sini, perlu dimasukkan daftar list destinasi wisata selanjutnya, nih.
Me mengatakan…
Kayaknya dah lama banget saya kemping kayak gini...soalnya kalau sekarang udah ga punya minat ada di alam terbuka dalam waktu lama..hehehe
Müzeyyen Salik mengatakan…
Seru juga ini ngajakin keluarga camping. Apalagi ada sungai dan kolam renangnya. Makin tambah betah. Anak-anak juga pasti seneng banget di ajak berpetualang disekitar area camp.
ultraulfa mengatakan…
Wisata murah meriah, di dalamnya melimpah ruah. Semoga makin berkembang terus perwisataan di kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

One day, pengen juga bagian dari yang mengcreate tempat-tempat semacam ini~
Nia M Wardani mengatakan…
Wisata alam jadi kesempatan rehat dari hiruk pikuknya dunia. Apalagi tempatnya sejuk dan masih sangat asri seperti ini.
JELAJAH MIA mengatakan…
Foto di jembatan Cinumpang lalu main air di sungai kayanya seru tapi mau nginepnya di penginapan aja ah, udah agak jompo kemping pake tenda hahaha
Monica Rasmona mengatakan…
Dengan uang 5.000 kita bisa mendapatkan pengalaman dan kesenangan di tempat perkemahan ini. Menurut saya itu sangat worth it. Kalau saya tim yang bawa bekal ke tempat wisata, tetapi tetap jajan juga di lokasi
Dyah Kusumastuti Utari mengatakan…
tiket masuknya murah ya, 5rb aja, lumayan banget nih dijadikan jujugan untuk melepas penat
Windi astuti mengatakan…
terjangkau banget ya pak harganya. Buat keluarga dengan anak cukup banyak rekomended nih. Bisa sekaligus mengajak anak-anak tadabbur alam sebagai bentuk mencintai keindahan bumi pertiwi.
Phai Yunita S Wijaya mengatakan…
Seneng banget deh lihat wisata alam di perkemahan Cinumpang ini. Aku yang bacanya berasa pengen langsung kesini bareng keluarga. Anak-anak pasti demen banget area yang begini. Apalagi ada air sungainya, benar-benar menyatu dengan alam nih. Nginep disini berapaan ya Pak? spill juga dunk.
celotehnur54 mengatakan…
Rebahan lebih enak gelar tikar di rerumputan ktimbang di gazebo. Terima kasih telah berbagi ananda Regen.
Adi Pradana mengatakan…
Selamat berlibur dan semoga mendapatkan kenangan indah di tempat wisata Sukabumi, khususnya di Cinumpang Kadudampit! Dan terimakasih rekomendasinya. Semangaaat....