Colenak Enak di Kedai Awi Tali Kadudampit Sukabumi

9 komentar
colenak

Akhir pekan waktunya bersama keluarga. Menghabiskan waktu bersama-sama dengan kegiatan yang beragam pilihannya, mulai dari jalan-jalan, kulineran, atau sekedar di rumah saja bercengkerama dengan semua anggota keluarga.

Untuk teman-teman yang berencana untuk jalan-jalan ke Sukabumi bersama keluarga menikmati akhir pekan atau libur sekolah akhir semester yang lumayan panjang, banyak rekomendasi tempat wisata di Kadudampit dan juga tempat kuliner yang bisa dikunjungi di sini. Salah satu rekomendasi daerah di Sukabumi yang banyak tempat wisata dan juga kuliner adalah Kadudampit. Kecamatan di bawah kaki gunung gede yang terkenal dengan dinginnya dan udara nya yang segar, sangat cocok untuk dijadikan destinasi liburan keluarga.

Untuk yang mau wisata kuliner, banyak juga tempat makan enak di sini, salah satunya yang keluarga kami datangi di akhir pekan kemarin. Namanya Kedai Awi Tali yang terletak di jalan Kadudampit KM.06. nah kali ini akan akan membahas menu apa saja yang ada di sana dan juga fasilitas-fasilitas penunjangnya. Let's check these out!.

Menu, Harga, dan Fasilitas Kedai Awi Tali Kadudampit Sukabumi

kedai awi tali

Nama Awi Tali berasal dari Bahasa Sunda yang berarti bambu yang diikat. Penamaan ini memang sangat sesuai dengan desain kedai ini. Arsitekturnya menggunakan bambu yang di desain dengan sangat unik.

Walaupun tempat Kedai Awi tali ini tidak terlalu luas, namun vibe nyamannya sangat terasa sekali. Untuk menikmati hidangan sendiri, bersama pasangan, atau keluarga, tempat ini sangat cocok buat ngadem dan jauh dari hingar bingar kota besar.

Menu di Kedai Awi Tali

Keluarga kami datang ke kedai Awi Tali setelah selesai jalan-jalan dari Jembatan Cinumpang yang lagi viral di Sukabumi. Kita datang ke Kedai Awi Tali kira-kira jam 10.30, jadi sudah lewat waktu sarapan, tapi belum waktunya makan siang juga. jadilah kita memesan camilan dan minuman saja ketika di sana.

Ketika melihat menu-menu yang tersedia, istri lumayan kaget kesenengan ketika membaca ada colenak di daftar menunya. Colenak adalah makanan tradisional di Sunda yang berarti di cocol enak.

Colenak ini adalah makanan dari tape singkong yang dibakar atau digoreng, kemudian diberi taburan unti kelapa di atasnya. Sepertinya sekarang sudah sangat jarang tempat makan yang menjajakan makanan ini.

friench fries

Kalau anak-anak pesannya tidak jauh dari friench fries kesukaan mereka, ditambah dengan bala-bala atau bakwan jagung yang rasanya lumayan crunchy juga. Ga di mana-mana, kalau ketemu bakwan itu memang tak bisa ditolak, kesenangan semua keluarga.

bakwan goreng

Untuk minumnya istri memilih Ginger Tea. Pas datang, penampakan rempah-rempah di minuman sehat ini sangat jelas, ada jahe nya, daun serai atau sereh, dan juga jeruk lemon yang menambah kesegaran minuman ini.

ginger tea

Minuman lain yang kita pesan adalah Teh Tarik. Uniknya teh tarik yang kita pesan warnanya hijau, agak beda dengan yang biasa kita konsumsi yang biasanya berwarna coklat. Pas diminum, terasa sekali matcha di dalamnya, mungkin inilah alasan teh tarik ini berwarna hijau.

teh tarik

Kalau anak-anak cuma pesan milk hot tea buat minumnya. Lumayan menghangatkan badan di wilayah Kadudampit yang memang terkenal berhawa dingin ini.

Masih banyak jenis makanan lain yang bisa kita pilih di sini, mulai dari makanan berat, camilan, varian minuman, sampai kopi, semuanya ada.

Harga

Untuk harga pesanan kami dengan camilan dan minuman, harganya berkisar di angka seratus ribuan. Lumayan terjangkau dengan makanan-makanan enaknya. Untuk makanan-makanan lain pun saat kita liat di menu, semuanya masih reasonable.

Fasilitas Penunjang di Kedai Awi Tali

Fasilitas-fasilitas yang tersedia di kedai Awi Tali lumayan cukup. Dari mulai tempat parkir, rest room, sampai mushola semuanya tersedia.

Tempat Parkir 

Tempat parkirnya ada di depan pas kita datang. Tempatnya lumayan luas. Kalau pun mau memilih parkir di belakang juga bisa. Kebetulan pas kemarin kita ke sana, ketemu teman yang juga sedang berkunjung dan parkirnya dia memilih untuk di belakang kedai.

Mushola dan Rest Room

mushola

Mushola dan rest room di kedai Awi tali ada di sebelah kanan. letaknya berdampingan. walaupun tak terlalu luas, mushola dan rest roomnya lumayan nyaman juga, air mengalir lancar dan ruangannya rapi.

Yuk Wisata Kuliner ke Kadudampit Sukabumi

Teman-teman yang sedang mencari rekomendasi tempat untuk berlibur, yuk datang ke Sukabumi. Ada banyak destinasi wisata di Kota maupun kabupaten Sukabumi.

Salah satu wilayah yang banyak destinasi wisatanya di Sukabumi adalah wilayah Kadudampit. Wilayah ini berada di utara Sukabumi, di bawah kaki gunung gede.

Tempat wisata maupun tempat kuliner di Kadudampit ini lumayan beragam. Teman-teman akan dimanjakan dengan ragam kuliner yang tersedia di sini.

Selain kedai Awi tali, berikut beberapa rekomendasi lain tempat makan yang bisa teman-teman kunjungi di sepanjang jalan Kadudampit.

  1. Sono Space terletak di Jalan Kadudampit Km.03. Sono Space menyediakan makanan asia dan western. Salah satu andalan masakan lokal di sini adalah Gurame saus asam manis.
  2. Kopi Bumi, cocok untuk yang hobi ngopi. Letaknya tak jauh dari Sono Space, berjarak sekitar 100 meteran. Di kafe ini banyak jenis kopi yang bisa kita nikmati, bahkan kita bisa melihat proses pengolahan kopi sampai siap dijadikan minuman.
  3. Mie SP Seuhah Pisan, tempat ini cocok untuk penyuka mie. Di Mie SP Seuhah Pisan atau artinya pedas banget ini kita bisa memilih level pedas semau kita, kalau tak suka pedas juga tak apa, kita bisa pesan yang original
  4. Mie Lenial masih bertema mie, mirip dengan Mie Sp. Yang unik di Mie Lenial ini adalah tempatnya yang tepat berada di tengah pesawahan Desa Citamiang. Jadi kita bisa menikmati hidangan sambil mengagumi lukisan alam berupa hamparan sawah yang menghijau di sekelilingnya.

Sebenarnya masih banyak tempat kuliner di Kadudampit. Teman-teman nanti bisa mengeksplor sendiri sambil jalan-jalan menikmati tempat-tempat wisata yang ada di sini. 

Yuk ah liburan! nikmati momen-momen kebersamaan bersama keluarga dan jelajahi keindahan wilayah-wilayah di negeri kita.

Yonal Regen
Family man who love sharing about parenting, education, technology, and humanities. Find me at 26syafiqregen@gmail.com

Related Posts

9 komentar

Mbul Kecil mengatakan…
ngeliat isian colenaknya itu loh bikin ngiler...dulu saat aku masih kecil...bulek yang nikah dapat orang garut kalau pas pulkam ke tempat suaminya selalu bawakan kami colenak juga peuyeum...aduh itu rasa isian colenak sungguh sangat memorable
Yonal Regen mengatakan…
Iya, Mbul, bikin ngiler banget kalau pas yang bikinnya, tapi kalau terlalu manis, jadi eneuk juga rasanya. Memang harus ahli juga ya bikin colenak
Mamahebat mengatakan…
wahhh saya pecinta rondo royal di jatim jadi pengen tahu juga rasanya colenak ini. Sepertinya unti kelapa nya ini yang menjadi ciri khas nya colenak :). Colenak ini apa ada isiannya ya ?
ultraulfa mengatakan…
Mie SP terkenal nih di circleku. Btw, di Sukabumi makin banyak aja tempat wisata nyentrik.
Me mengatakan…
Duuh, makanannya kesukaan saya semua. Saya juga suka colenak karena wangi harum nya apalagi kalau dibakar menggunakan arang. Kapan2 kalau ke Sukabumi mau melipir juga ke Kadudampit
Dyah Kusuma mengatakan…
Wah di Sukabumi banyak kuliner yang menarik untuk dikunjungi ya, semoga ada rezeki untuk berkunjung ke Sukabumi, dulu hanya lewat aja saat melakukan perjalanan darat dari Bandung ke Surabaya
Müzeyyen Salik mengatakan…
Colenak ini bearti rasanya kaya tape singkong digoreng ya. Belum pernah denger sebelumnya pengen banget cobain
Alfia D. Masyitoh mengatakan…
Sudah kuduga, pas baca judulnya udah nebak sih, colenak ini pasti akronim dari dicocol enak. Bayanganku langsung ke gorengan sih, kan enak ya dicocol pake sambel petis, kalo di Jawa Timur. Atau kalo nggak gitu ya jenisnya chicken drumstick, sosis dll yang juga enak dicocol pake saos.

Ternyata salah yak. Sungguh di luar dugaan kalo maksudnya adalah tape singkong yang dibakar terus dicocol pake unti kelapa. Wow menarik sekali. Gimana rasanya nih, jadi penasaran. Kalo tape singkong terus digoreng aku suka, tapi belum bisa bayangin gimana rasanya kalo dipadukan dengan kelapa...

Terus liat foto french fries, langsung melek. Wah ini sih anakku doyan banget, ya aku juga sih, tapi biasanya ngalah sama anak, kan gak enak ya rebutan emak-anak wkwk. Tempatnya menarik pak, kayak joglo bambu gitu ya. Tradisional sekali. Apalagi kalo hawanya dingin, jadi berasa flashback ke masa lalu, sebelum dunia sepanas sekarang...
Heni Hikmayani Fauzia mengatakan…
Harus dicobain ini sih kang.....menggoda selera jajan saya...colenak emang enaak