17 Rukun Salat Yang Harus Diketahui

salat

Salat adalah tiang dalam agama Islam. Sejatinya salat dilaksanakan dengan penuh hidmat oleh setiap muslim. Kehidmatan dalam salat bisa diikhtiarkan salah satunya dengan menjalankan rukun-rukun yang ada didalamnya.

Rukun Salat wajib hukumnya, sehingga menjadi tidak sah salat apabila salah satunya tidak dilaksanakan. Rukun salat sendiri berjumlah tujuh belas, mulai dari niat sampai melaksanakan segalanya dengan tertib.

17 Rukun Salat

  1. Niat. Diniatkan dalam hati untuk melaksanakan salat hanya karena Allah semata sebagai salah satu bukti penghambaan pada-Nya.
  2. Takbiratul Ihram, yaitu mengucapkan lafaz 'Allahu Akbar' sebagai pertanda awal salat.
  3. Berdiri Bagi Yang Mampu, jika tidak, maka salat bisa dilaksanakan dalam posisi sekemampuan kita.
  4. Membaca Fatihah. Sebagai ummul qur'an, fatihah wajib dibacakan dalam salat, baik secara nyaring pada waktu magrib, isya, dan subuh, ataupun dibaca lirih pada waktu zuhur dan ashar
  5. Ruku, yaitu gerakan membungkuk setelah membaca salah satu surat dalam Qur'an
  6. Tumaninah Dalam Ruku. Yang dimaksud dengan tumaninah adalah tenang dalam melaksanakan swetiap rukun, tidak terburu-buru
  7. I'tidal
  8. Tumaninah Dalam I'tidal
  9. Sujud
  10. Tumaninah Dalam Sujud
  11. Duduk Diantara Dua Sujud
  12. Tumaninah dalam duduk diantara dua sujud
  13. Tahiyat atau tasyahud akhir
  14. Duduk dalam tahiyat akhir
  15. Membaca salawat kepada Nabi
  16. Membaca Salam 
  17. Tertib, yaitu melaksanakan seluruh rukun salat dengan urutan, tidak boleh diacak sekemauan sendiri.

Menyempurnakan Salat

Salat adalah hal utama yang harus dilakukan oleh setiap muslim, sehingga hukumnya wajib dalam syariat Islam. Kita sebagai muslim harus berikhtiar maksimal dalam melaksanakan perintah Allah berupa salat ini, salah satunya adalah berusaha melaksanakan salat dengan memenuhi syarat dan rukun salat.

Apabila salah satu rukun salat ditinggalkan secara sengaja, maka tidaklah sah salat seseorang alias menjadi batal. Hal tersebut mengingatkan kita, betapa urgennya rukun dalam menjalankan ibadah salat.

Wallahu a'lam

Asmawati Dalfa
a mom of four, science teacher, and parenting enthusiast

Related Posts

Posting Komentar