6 Ide Bisnis Sederhana untuk Pemula

9 komentar
6 ide bisnis sederhana

Menjalankan sebuah usaha pastinya menjadi cita-cita banyak orang. Dengan menjalankan ide bisnis yang kita miliki,kita dapat menjadi bos untuk diri kita sendiri dan bebas membuat inovasi-inovasi sesuai dengan apa yang ada dalam benak kita.

Tak cukup semangat saja, jenis bisnis yang akan dijalani juga butuh pemikiran matang. Apalagi untuk para pemula yang baru terjun ke dunia usaha, ide bisnis perlu dipikirkan secara seksama agar dapat menerapkan prinsip modal yang minimal, keuntungan maksimal.

Ini Dia 6 Ide Bisnis Sederhana yang Patut Dicoba Bagi Pemula

Untuk menjalankan bisnis, para pemula yang baru terjun di dunia usaha membutuhkan batu loncatan yang kuat, agar menjadi pijakan yang kuat di masa depan ketika akan mengembangkan usahanya. Salah satu ide bisnis perdana bagi pemula bisa memilih ide bisnis sederhana dengan modal sedikit tapi dapat menghasilkan omzet yang lumayan banyak.  

Berikut 6 ide bisnis sederhana bagi pemula yang bisa dicoba:

1. Jualan Pulsa dan atau Kuota

Kebutuhan masyarakat akan pulsa dan kuota sekarang ini tidak lagi menjadi kebutuhan tersier, tetapi seakan-akan menjadi primer. Kebutuhan akan pulsa dan kuota masyarakat sama pentingnya dengan kebutuhan akan pangan.

Modal untuk membuka usaha jualan pulsa dan kuota bisa di bawah 1 juta. kelebihan bisnis ini juga tidak membutuhkan toko atau konter jika memang belum mempunyai modal, cukup dengan publikasi di media sosial kepada rekan-rekan dan tetangga terdekat terlebih dahulu, sudah dapat menjadi umpan pemberitahuan bahwa kita siap memulai bisnis ini.

2. Jualan Frozen Food

Frozen food kini menjadi salah satu jenis makanan yang banyak diburu oleh masyarakat, khususnya ibu-ibu. Salah satu alasan memilih frozen food adalah keefektifan dalam memasaknya yang sangat sebentar dan sudah siap terhidang.

Frozen food sangat menolong para ibu di tengah kesibukan pagi hari dengan segala pekerjaan domestiknya, di mana salah satunya adalah menyiapkan sarapan untuk keluarga. Frozen food menjadi alternatif makanan untuk sarapan karena memang efektif dan juga banyak disukai oleh anggota keluarga, khususnya anak-anak.

3. Jualan Camilan Kekinian

Camilan-camilan kekinian seperti camilan-camilan ala Korea kini menjadi tren di masyarakat dan banyak disukai. Makanan camilan seperti Corn Dog, Banana Milk, Kimbap, dan Tteokbokki bisa menjadi referensi untuk kita jadikan ide bisnis.

Tak harus memiliki toko atau gerai, makanan yang dijajakan ala street food pun kini banyak penyukanya. Dengan sistem street food, modal usaha yang harus kita siapkan pun tak terlalu besar dibandingkan dengan harus buka toko atau gerai makanan.

4. Usaha Cuci Motor

usaha cuci motor

Usaha cuci motor adalah alternatif lain untuk memulai usaha bagi pemula. Pencucian motor dengan cara di steam kini banyak disukai dan dipilih oleh masyarakat untuk menjaga kebersihan kendaraannya.

5. Jadi Reseller

Ide bisnis selanjutnya adalah dengan jadi reseller suatu produk. Reseller berarti menjual kembali produk-produk orang lain atau perusahaan dan kita mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan tersebut.

Untuk menjadi seorang reseller, kita harus mengulik produk apa yang kira-kira cocok dengan target pasar kita dan juga mencari perusahaan yang dapat bekerjasama untuk membeli produknya yang akan kita jual. Saat ini banyak perusahaan yang membuka kesempatan kerja sama kepada reseller dengan modal yang terjangkau untuk para pemula.

6. Jadi Dropshiper

selain menjadi reseller, dropshiper adalah alternatif ide bisnis lain yang patut dicoba untuk pemula. Dropshiper ini tak memerlukan modal banyak, bahkan bisa tanpa modal sama sekali.

Dengan menjadi dropshiper, kita tidak harus membeli terlebih dahulu, menyetok, dan mendistribusikan  seperti halnya reseller. Sebagai dropshiper kita hanya perlu mengiklankan saja produk perusahaan yang kita kerja sama dengannya, kemudian jika ada pesanan, perusahaan atau produsen yang akan mengurusnya.

Tentu kita tak butuh toko atau gudang untuk menyetok barang jika kita menjadi dropshiper. Kita hanya butuh gawai dan kepiawaian dalam mengiklankan produk yang akan kita jual. Patut dicoba banget, teman-teman.

Modal Usaha untuk Mengembangkan Ide Bisnis

modal usaha

Salah satu yang jadi banyak menjadi pemikiran ketika akan mengembangkan sebuah ide bisnis adalah tentang modal usahanya. Sekecil apapun modalnya jika kita memang belum siap memang menjadi bumerang yang luar biasa.

Maka, salah satu yang memang harus juga kita persiapkan sebelum membuka usaha adalah literasi finansial. Dengan literasi finansial yang mumpuni, kita akan tahu cara-cara apa saja yang bisa lakukan untuk mencari modal dalam mengembangkan ide bisnis kita.

Bekerja sama dengan perusahaan pembiayaan adalah salah satu alternatif dalam mencari modal untuk membuka usaha. Kini sudah banyak perusahaan pembiayaan baik yang konvensional maupun berbasis syariah yang dapat membantu kita dalam dalam menyiapkan modal usaha.

Sebelum bekerja sama dengan perusahaan pembiayaan, ada baiknya kita juga memeriksa beberapa hal tentang perusahaan pembiayaan ini, agar kita benar-benar bekerja sama dengan perusahaan yang legal. Beberapa pertimbangan dalam mencari perusahaan pembiayaan antara lain:

  • Perusahaan pembiayaan berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa keuangan atau OJK
  • Mempunyai kantor alamat yang jelas
  • Memiliki reputasi baik dan sudah dikenal oleh masyarakat
  • Memiliki penawaran produk pembiayaan yang solutif dan fleksibel
  • Mudah dalam mengakses informasi
Teliti sebelum bekerja sama dengan perusahaan pembiayaan akan meminimalisasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dalam menjalankan usaha. Busan Auto Finance atau dikenal dengan BAF adalah salah satu contoh rekomendasi perusahaan pembiayaan yang memenuhi persyaratan poin-poin yang dibahas di atas. Sebagai perusahaan pembiayaan yang recommended, BAF tentunya akan menjadi support system dengan dukungan modal usaha untuk mewujudkan ide bisnis kita. 

Yonal Regen
Family man who love sharing about parenting, education, technology, and humanities. Find me at 26syafiqregen@gmail.com

Related Posts

9 komentar

Alfida Husna mengatakan…
Kadang orang yang mau pada usaha selalu terkendala modal. Sekarang harusnya udah enggak lagi ya pak, karena ada pembiayaan modal untuk usaha. Harus diperhatikan juga ya pastikan pembiayaannya dibawah naungan OJK.
Iva C Wicha mengatakan…
Membuka usaha baru memang dibutuhkan modal yg ga sedikit ya. Jadi harus dipikirkan betul2, untungnya skrg byk "akses" yg bsa memudahkan dalam memulai bisnis meski dalam skala kecil
ari3yanto.com mengatakan…
membuka usaha butuh modal, mental dan akal. modal bisa dicari seperti di BAF ini, tetapi mental dan akal bisnis atau usaha itu bisa didapat dengan belajar dan sharing dengan mereka yang sudah sukses dan memulai usahanya dari 0.
Müzeyyen Salik mengatakan…
Semoga dengan adanya BAF semua bisa menggunakannya dengan baik agar modal tidak terbuang percuma. Cuma klo ada yang mau usaha tanpa modal ya bener itu bisa usaha jadi dropshipper dulu atau mungkin buka cuci motor di rumah.
Husna Roina mengatakan…
Modal jadi hal utama pas mau buka usaha tapi juga butuh keberanian dan kesiapan mental. Aku pernah pengen jadi dropshiper tapi bingung caranya jadinya gk jadi🥺.
Hamimeha mengatakan…
Sering kali memang modal jadi tantangan terbesar orang2 yg ingin memulai bisnis ya pak

Hadirnya BAF semoga bisa jadi alternatif teman2 yg membika udaha
Me mengatakan…
Sebetulnya selalu ada ya jalan untuk berwira usaha, mulai dari yang sederhana seperti jualan pulsa...kita tak perlu melompat jauh dulu dengan modal dan omzet yang besar
Windi astuti mengatakan…
kok jadi inget, awal-awal belajar bisnis jadi reseller sebuah brand terkenal. Lumayan sih, tambah ilmu, pengalaman dan relasi. Saat itu, belum mengenal BAF buat nambah modal. Beruntung ya sekarang, wis banyak support sitem ngembangin bisnis
Dyah Kusuma mengatakan…
sementara ini saya milih jadi reseller pak, sebetulnya inti setiap usaha adalah komitmen dan konsisten, rajin promosi usaha yang dilakukan, insyaallah bisa