Rekomendasi Kegiatan di Waktu Luang, Dari Minum Kopi Sampai Main Game

Setiap orang mempunyai cara tersendiri untuk menghilangkan kejenuhan dan atau mengisi waktu luang di antara rutinitas sehari-hari, baik pekerjaan kantor maupun pekerjaan domestik di rumah. Saya sendiri biasa mengisi waktu kosong dengan berbagai aktivitas untuk recharge agar kembali semangat ke dunia kerja.

Di antara sekian aktivitas untuk mengisi luang, saya kadang mencari camilan kesukaan dan minum white kopi kesukaan, kadang saya juga membaca buku favorit, atau juga bermain game di komputer atau di gawai. Siapa nih yang punya kegiatan sama di waktu luang? atau teman-teman punya kegiatan lain?.

Ini Dia 3 Kegiatan di Waktu Luang untuk Mengembalikan Semangat Kita

Mencari camilan plus minum kopi, membaca buku, atau main game menjadi beberapa aktivitas saya dalam mengisi waktu luang di tengah-tengah aktivitas pekerjaan sehari-hari. Mungkin teman-teman yang belum terbayang apa saja spesifik kegiatan dengan 3 rekomendasi kegiatan waktu luang versi saya, berikut deskripsinya.

1. Mencari Camilan dan Minum Kopi

Untuk camilan biasanya memang disediakan di kantor. Jenis makanan ringan sebelum makan siang yang disediakan tempat kerja adalah makanan tradisional sunda seperti colenak alias dicocol enak.

Suka sekali dengan makanan-makanan kantor ini. Biasanya jenis makanan yang tersedia adalah jenis makanan manis dan asin.

Beberapa contoh camilan yang ada di kantor untuk yang asin seperti jenis-jenis makanan gorengan seperti bakwan, karoket, pastel dan risol. Selain gorengan, ada juga buras, makanan yang terbuat dari beras yang dikukus dalam daun pisang dan diberi isian seperi daging ayam atau oncom.

Untuk makanan yang manis biasanya ada pisang goreng, kue pukis, makanan tradisional sunda seperti katimus, salimut, dan juga papais. Katimus, salimut, dan papais adalah makanan yang terbuat dari bahan dasar tepung dan diberi gula dengan tambahan pisang dan buah-buahan lainnya.

Untuk minuman, saya biasa minum white kopi. Dulu pernah mencoba kopi hitam, tapi sepertinya tidak bisa adaptasi dengan lambung, akhirnya tidak bisa menikmati dan malah berbalik sakit ke perut. Jadi sekarang sudah nyaman dengan white kopi yang memang bersahabat dengan lambung.

2. Membaca Buku 


Bersyukur di tempat kerja ada perpustakaan dengan rak-rak buku yang berisi buku dari berbagai genre. Ada novel, sejarah, motivasi, sampai  buku agama semuanya tersedia. 

Saat ini saya sedang membaca antologi puisi Teman Kenangan yang disusun oleh anak-anak sekolah MA Raudlotul Ulum Sukabumi kelas akhir yang berkolaborasi dengan guru-gurunya. Salut dengan hasil karya mereka yang bisa menjadi kenangan sebelum keluar sekolah.

Membaca karya-karya puisi hasil anak sekolah dan para gurunya sangat terharu melihat kepolosan, kejujuran, dan juga harapan-harapan mereka terhadap dunia pendidikan. Semoga bisa dicontoh oleh sekolah-sekolah lain untuk membuat hal serupa, membuat kenang-kenangan sebelum keluar sekolah dengan membuat buku antologi. 

3. Bermain Game 

Kegiatan yang juga bisa dilakukan di waktu luang adalah bermain game. Biasanya saya bermain game di komputer atau di handphone.

Beberapa game yang biasa saya mainkan dan juga bisa teman-teman coba, seperti:

Solitaire


Solitaire adalah permainan kartu yang sederhana dengan cara menarik dan menaruhnya. Permainan ini bisa dimainkan sendiri, jadi tidak perlu mengajak rekan-rekan kerja lainnya yang mempunyai kegiatan lain.

Saya main solitaire di solitaire.org, bisa dimainkan di laptop maupun gawai. Yang juga enak di solitaire.org ini gamesnya tidak perlu didownload dan juga gratis dong mainnya.

Treasure of Atlantis

Main Treasure of Atlantis itu santai banget, bikin rileks. Caranya kita sambungkan bola-bola di monitor menjadi tiga atau lebih dalam segaris atau sejajar. Sama dengan Solitaire, game Treasure of Atlantis ini juga bisa diakses di solitaire.org.

Zuma Ball

Game lain yang juga bikin mood kita semangat lagi adalah Zuma Ball. Game ini santai juga tapi lumayan naikin adrenalin buat naikin score dan naik level game nya.

Zuma Ball juga dapat diakses di solitaire.org, sama seperti game Solitaire dan Treasure of Atlantis. Ketiganya dapat langsung dimainkan tanpa harus download terlebih dahulu. Praktis kan?.

Selain ketiga game di atas, di solitaire.org banyak juga game-game lain yang dapat kita mainkan. Kalau teman-teman suka game Mahjong, Kartu, dan atau Puzzle, di solitaire.org ini ada juga, lho.

Yuk Manfaatkan Waktu Luang untuk Recharge Energi Agar Semangat Lagi

Dunia kerja memang sangat berdinamika. Ada masanya santai, dan banyak waktu serius yang menguras energi.

Kita harus pintar-pintar agar mood kita tetap stabil di tengah kesibukan dunia kerja. Maka waktu luang atau waktu istirahat bisa kita maksimalkan untuk memulihkan energi kita dengan melakukan hal-hal yang kita sukai.

Me time setiap orang pastinya berbeda-beda, yang penting adalah setelahnya kita kembali dapat beraktivitas dengan semangat. Makan camilan, minum kopi, membaca buku, dan main game adalah beberapa rekomendasi yang bisa kita lakukan dalam kegiatan waktu luang, kalau versi teman-teman apa nih?.

Yonal Regen
Family man who love sharing about parenting, education, technology, and humanities. Find me at 26syafiqregen@gmail.com

Related Posts

11 komentar

Alfida Husna mengatakan…
Kalau aku nonton Drakor pak me time nya hahah tapi sama sih suka ada cemilan sama white kopi itu emang enak bgt sih pak cocok sama cemilan Sunda mah. Aduh jadi bayangin gorengan, pastel dan risol wkwkwk.

Buku antologinya keren bgt guru dan siswa. Andai dulu sekolah aku nulis sama guru kaya gitu juga ya. Jadi ada kenang-kenangan. Bisa dibaca diwaktu luang jga.
halodwyta mengatakan…
Camilan sama kopi dah satu kesatuan yg asik bgt buat santai... Btw, baru tau nih sama camilan katimus, salimut, sama papais. Ada pisangnya, kayak nagasari nggak sih? Hehe..
Müzeyyen Salik mengatakan…
Setelah baca artikel ini auto mikir kenapa dulu waktu lulus nggak bikin buku antalogi ya. Me timeku paling kumpul sama keluarga ngopi atau ngeteh sambil ngobrol atau nontonfilm bareng.
ari3yanto.com mengatakan…
wah me timenya hampir sama ini pak, main game, baca buku dan ngopi, kalau saya ketambahan satu lagi nonton drakor hehehe, wah buku "Teman Kenangan"nya harus di spill juga ini pak
Yusriah Ismail mengatakan…
saya juga suka baca buku buat ngisi waktu luang, tapi boleh dicoba juga nih main game, apalagi solitaire, dejavu kayak balik ke masa kecil..dulu sering main itu hehe
Dyah Kusuma mengatakan…
Wah Pak Yo juga main solitaire, saya juga nih pak, lumayan lo untuk membunuh rasa penat, jadi bisa fokus kerja lagi setelah ngegame ya Pak
Iva C Wicha mengatakan…
Wah itu game2 jadul yg sering dimainkan dlu di HP. Ternyata ada website yg bisa dimainkan dgn lebih nyaman yaa
Phai Yunita S Wijaya mengatakan…
Zuma ball.. Game legend banget ini, ini pak yo jago banget bisa sampai level 6. Kece banget dah.. Aku nggak susah banget naik level 🤣
Ayah Ugi mengatakan…
Main Solitaire buat nostalgia dengan masa kecil sekarang makin mudah,tinggal akses Solitaire org, ga perlu ke warnat atau rental komputer seperti zaman dulu
Windi astuti mengatakan…
Game Solitaire ini game klasik tapi seru ya pak, aku sampai browsing dan tanya cara mainnya 😅, so far sangat mengasah kemampuan berpikir dan fokus. Enaknya, di situs game solitaire.id juga ada game yg menurutku buat cewek , sngt ramah buat dimainkan.
mrhanafi mengatakan…
saya luangkan waktu lapang di gym...sambil angkat besi boleh tenangkan fikiran juga