Penulis yang Karyanya Dijadikan Film

4 komentar
penulis novel

penulis cerita fiksi seperti novel kini makin dapat berekspresi melalui cerita-cerita imajinasinya melalui berbagai media. Tidak hanya buku, kini juga banyak hadir aplikasi untuk menulis yang nantinya karya cerita para penulis dapat dinikmati secara digital oleh para pembaca setia nya.

Kesuksesan para penulis dalam meramu cerita fiksi di berbagai media yang ada, baik buku konvensional maupun aplikasi menulis, membawa mereka pada titik banyak dikenal oleh para penikmat karya-karyanya. Tak berhenti di situ, banyak juga produser dan juga production house yang akhirnya tertarik untuk membuat film dari cerita-cerita fiksi yang mereka buat.

Siapa saja penulis yang karyanya telah berhasil naik ke layar lebar dan dinikmati dalam bentuk audio visual?. Nah, kali ini kita akan membicarakan para penulis Indonesia yang karya-karyanya telah memikat pihak produser dan juga PH untuk dijadikan film.

Ini Dia 4 Penulis yang Karyanya Dijadikan Film

Setiap orang mempunyai cara masing-masing dalam menikmati sebuah karya cerita fiksi. Ada yang menikmatinya dalam bentuk bacaan seperti novel atau cerpen, ada juga yang menyukai dalam bentuk audio visual seperti film.

Perbedaan dalam cara menikmati sebuah karya ini kemudian banyak membuat para produser untuk mengadaptasi cerita-cerita seperti novel untuk diangkat ke layar lebar. Salah satu tujuannya adalah agar karya tersebut dapat dinikmati baik dalam bentuk bacaan konvensional atau digital, maupun dalam bentuk film di layar lebar.

Sudah banyak cerita dari buku-buku novel maupun aplikasi seperti wattpad yang telah naik ke layar lebar. Kali ini kita akan berkenalan dengan 4 penulis Indonesia, di mana karyanya telah banyak memikat hati para pembaca setia nya dan juga akhirnya bertambah-tambah para fans nya setelah kemudian ceritanya diangkat pula menjadi sebuah film.

Penulis Novel

1. Tere Liye

Novel Bumi, Bulan, Matahari, Bintang. Judul-judul novel ini tentu tak asing lagi di telinga, novel berjudul unik ini dibuat oleh seorang penulis bernama Tere Liye yang juga sudah tak asing di masyarakat. Penulis yang lahir pada 1979 ini memulai debut tulisannya pada tahun 2005 dengan judul "Hafalan Shalat Delisa" yang berhasil naik menjadi layar lebar pada tahun 2011.

Tak sampai disitu, novel-novel buatannya yang lain pun tak kalah laris dari berbagai genre, seperti fantasi, romance dan action. Dari setiap genre yang pernah dibaca oleh para pembaca setia nya, novel seri Bumi dan seri Negeri Para Bedebah adalah beberapa yang banyak disukai.

2. Poppy Pertiwi

Poppy Pertiwi merupakan seorang penulis muda dengan nama lengkap Ni Wayan Poppi Pertiwi yang lebih senang dipanggil Poppi atau Pi. Poppi Pertiwi lahir dan besar di Bali pada tanggal 15 April 2000. lulusan SMK Teknologi Informasi dan Komunikasi Bali, Jurusan Multimedia. Poppy Pertiwi mulai dikenal melalui media sosial yang digunakan sebagai mempublikasikan karya-karya dan bisa dibaca oleh ribuan bahkan puluhan ribu orang yaitu wattpad.

Poppy telah mempublikasikan karyanya sebanyak 14 karya dengan pembaca lebih dari 500 pembaca disetiap karyanya. lebih kurang 17 juta pembaca di mana salah satunya adalah novel Galaksi. Novel Galaksi merupakan novel terbaru dan ditulis dalam waktu yang cukup lama ditulis oleh Poppi Pertiwi. Novel Galaksi diterbitkan pada tahun 2018. 

Novel yang diciptakan Poppy pertiwi yang sudah melekat di hati para pembaca setia nya ada 4, yaitu Dear Nathan, Mozachiko, Septian dan Galaksi. Dear Nathan sendiri adalah cerita dari poppy yang telah berhasil naik ke layar lebar dan banyak disukai, khususnya oleh para remaja.

3. Luluk HF

Hidayatul Fajriyah atau lebih dikenal dengan nama Luluk HF lahir 14 Juni 1995 adalah seorang penulis berasal dari Lamongan Jawa Timur. Ia merupakan salah satu penulis yang aktif mengunggah karya tulisnya di wattpad.

Salah satu karyanya yang terkenal adalah Mariposa yang telah dibaca sebanyak 100 juta pembaca di WattPad dan diadaptasi menjadi film berjudul sama oleh PH Falcon Pictures dan Starvision Plus. Beberapa novel karyanya pernah diadaptasi menjadi film seperti EL, Mariposa dan 12 Cerita Glen Anggara.

4. Tsana Rintik Sedu

Penulis Nadhifa Allya Tsana atau yang akrab di sapa dengan Tsana merupakan penulis muda dan penyiar podcast yang dikenal dengan nama Rintik Sedu atau Paus. Rintik Sedu merupakan siaran podcast yang ada di Spotify dan sudah berusia 5 tahun dan memiliki pengikut lebih dari satu juta.

Tsana Rintik Sedu sukses membuat para milenial terpukau dengan karya-karya tulisannya dan membuatnya menjadi penulis yang populer. Beberapa tulisannya banyak diminati remaja masa kini, dimana salah satunya novel yang berjudul ‘Kata’ sudah difilmkan dan akan segera tayang.

Jadi Penulis? Why Not!

jadi penulis

Masih banyak penulis cerita fiksi yang karyanya telah diangkat ke layar lebar. Hal ini membuktikan bahwa menjadi penulis pun berprospek baik jika kita menekuninya dengan sepenuh hati dan membekas positif di setiap pembaca karya kita.

Untuk teman-teman yang memiliki hobi menulis baik fiksi maupun nonfiksi, semoga dapat terus mengembangkan setiap hobinya dan siapa tahu bisa sesukses para penulis keren yang sudah kita bahas, baik dalam bentuk buku konvensional, digital, bahkan sampai difilmkan.

Untuk yang masih meraba-raba tentang dunia penulisan, kita bisa terus belajar dan bergabung dengan komunitas literasi untuk mempertajam potensi kita. Salah satu rekomendasi komunitas literasi yang bisa kita jadikan tempat untuk belajar adalah Komunitas ODOP atau One Day One Post. Di komunitas ini ada kelas-kelas penulisan baik fiksi maupun non fiksi yang bagus banget dalam menunjang keingintahuan kita dalam dunia kepenulisan dengan cara belajar yang baik dan fun tentang dunia literasi. 

Just believe it that we can, terus berkarya dan jangan lupa berdoa, mudah-mudahan Allah meridhoi dengan apa yang sedang kita tekuni dan semoga apa yang kita tulis dapat memberi kemanfaatan dan bahkan inspirasi bagi setiap penikmatnya.

Yonal Regen
Family man who love sharing about parenting, education, technology, and humanities. Find me at 26syafiqregen@gmail.com

Related Posts

4 komentar

Sakif mengatakan…
Wah... Baru tau karya Tsana bakal difilmkan. Kalau liat orang sukses gitu jadi pengen ikut sukses juga.. Kayanya sukses bisa nular deh
Blogger Surabaya mengatakan…
Paling suka Tere Liye karena motivasi dia keren banget sih ya. Buku-bukunya juga bagus sih, walau saya belum baca keseluruhan
Han mengatakan…
Aamiin! impian banget sih karya kita bisa dijadikan film ya kan hehehe suatu saat pengen belajar juga nulis fiksi nih aku kang
Dyah Kusuma mengatakan…
sepakat, terus berkarya dan menjadi lebih baik
ikutan bangga karya penulis yang sudah difilmkan, perjalanan penuh duri dan rintangan tentunya