Komunitas ODOP, Komunitas Literasi Dengan Segudang Prestasi

15 komentar
Komunitas ODOP

Salah satu hal yang harus disyukuri adalah bertemu dengan orang-orang satu frekuensi dan saling support di dalamnya. Seperti itulah mungkin gambaran rasa syukur ketika Allah membertemukan dengan teman-teman pegiat literasi di komunitas ODOP atau One Day One Post.

Komunitas ODOP sendiri adalah komunitas literasi yang terus tumbuh dan berkembang dengan banyak prestasi para anggotanya di bidang literasi. Banyak fakta menarik tentang Komunitas ODOP ini yang pastinya akan membuat kita semakin nyaman menjadi salah sat bagian di dalamnya.

Fakta-Fakta Tentang Komunitas ODOP

Komunitas One Day One Post membuka pendaftaran setiap tahunnya. Dalam perekrutannya tak sembarang orang bisa masuk. Hanya orang-orang terpilih yang bisa menyelesaikan segala syarat dan ketentuan yang bisa secara resmi menjadi anggota komunitas ini.

Proses pendaftaran di Komunitas ODOP dikemas dalam program OPREC atau Open Recruitment. Prosesnya tak sebentar, bisa memakan waktu 1 sampai 2 bulan.

Dalam kurun waktu 2 bulan di OPREC, para peserta akan digodok bak Kawah Candradimuka. Ada pembekalan materi literasi, sampai ada tantangan menulis yang harus diselesaikan dengan batas waktu tertentu.

Siapapun yang akhirnya berhasil sampai garis finish di OPREC, maka secara resmi akan diterima menjadi bagian dari keluarga besar Komunitas ODOP. Setelah resmi masuk, akan banyak juga fakta mengejutkan didalamnya yang akan membuat kita merasa nyaman and feeling happy.

Berikut beberapa fakta menarik yang akan kita dapatkan setelah menjadi anggota Komunitas ODOP.

Banyak Pilihan Kelas Literasi

kelas literasi
Dunia literasi sangatlah luas untuk kita selami dan pelajari. Pengurus Komunitas ODOP memahami benar akan kayanya khazanah literasi ini sehingga dibentuklah kelas-kelas keren yang bisa dipilih oleh setiap anggota Komunitas ODOP.

Beberapa kelas yang ada di Komunitas ODOP seperti:

  • ODOP Blogger Squad (OBS)
  • OTM (ODOP Tembus Media)
  • ODOP Nulis Buku (ONB)
  • Reading Challenge ODOP (RCO)
  • Ramadan Writing Challenge (RWC)
Dari setiap kelas yang ada di Komunitas ODOP sudah banyak lahir para penulis yang mumpuni di bidangnya masing-masing. Ada yang menjadi penulis buku, penulis di media cetak dan online, juga banyak yang menjadi blogger-blogger andal langganan juara menulis di blog.

Semua Kelas Diadakan Secara Gratis

Yang juga luar biasa di Komunitas ODOP adalah semua kegiatan diadakan secara gratis tanpa memungut biaya sepeser pun. Mulai dari open recruitment sampai memilih kelas dan mempelajari materi-materinya, semuanya free.

Walaupun diadakan secara gratis, jangan pikir ilmunya kaleng-kaleng. Tidak begitu Ferguso, setiap kelas dibimbing oleh orang-orang yang kompeten di bidangnya.

Salah satu contoh kelas ODOP Blogger Squad, pembimbingnya adalah Mbak Jihan Mawaddah, Mbak Marita Ningtyas, sampai Mbak Nimas Kesumo. Orang-orang yang sudah tak asing lagi di dunia blogging yang sudah menjadi langganan juara setiap lomba blog.

Relasi Yang Luas

Yang juga sangat harus disyukuri ketika bergabung dengan Komunitas ODOP adalah relasi yang luas. Tidak hanya teman-teman se-Indonesia, bahkan beberapa pendaftar adalah mereka yang juga tinggal di luar negeri.

Ketika menjadi anggota Komunitas ODOP, sesama anggota tidak hanya terjalin relasi seperti pertemanan saja, tetapi sudah menjadi seperti keluarga. Kehangatan seperti sebuah keluarga inilah yang membuat kita akan semakin betah berada di komunitas literasi ini.

Kenalan Dengan Salah Satu Anggota ODOP, Silvana Devinta 

Silvana Devinta

Mbak Silvana Devinta adalah salah satu anggota ODOP yang bergabung di batch 6. Ia tinggal di Malang, Jawa Timur.

Mbak Silvana bergabung dengan kelas ODOP Blogger Squad (OBS) dan aktif menulis di blog silvanadevinta.com. Selain menjadi seorang Blogger, ia juga aktif sebagai pengajar Bahasa Inggris di Malang.

Sosok Silvana Devinta adalah blogger dengan niche lifestyle. Di blognya ia banyak mengulas tentang Hiburan, traveling, kuliner, kesehatan, literasi, teknologi, sampai parenting.

Mbak Silvana Memberikan testimoninya, bagaimana ia sangat menikmati menjadi salah satu anggota keluarga besar Komunitas ODOP 

Saya suka tantangan menulisnya yang mingguan itu, terus dapat feedback, ada kelas reguler mingguan tentang teknik menulis, dan yang paling suka ada kelas spesialisasi untuk nerbitin buku, blogging, nulis di media, dan lain-lain.

Yuk Gabung Bersama Komunitas ODOP

Untuk teman-teman yang penasaran dengan Komunitas ODOP, pantengin terus media sosial Komunitas ODOP baik Facebook dan Instagram. Next, pasti ada pengumuman pembukaan pendaftarannya.

Ikuti tantangannya di Open Recruitment nanti dan dapatkan pengalaman berharga di kelas-kelas keren ODOP setelah lolos program OPREC-nya. Ditunggu, ya.

Yonal Regen
Family man who love sharing about parenting, education, technology, and humanities. Find me at 26syafiqregen@gmail.com

Related Posts

15 komentar

Perahu Kertas mengatakan…
Keren banget kelasnya, aku ikut kelas OBS sama OTM. Berkat ikut kelas tersebut aku jadi pernah ngerasain paid review dari brand skincare terkenal dan tulisanku ada di koran merapi (edisi cerita misteri). Terimakasih kepada para pj, semoga sehat selalu
Fela Khoirul mengatakan…
Komunitas ODOP emang keren banget, aku belajar banyak hal setelah masuk ke sini. Senang banget karena bisa punya pengalaman ngeblog dan kirim-kirim tulisan. Sekarang kepikiran pengen ikut ONB, tapi takut terlalu banyak kelas
halodwyta mengatakan…
Walaupun jarang aktif dan nongol di WAG, tp seneng bgt sih udah bisa gabung di ODOP. Banyak bgt ilmu tentang kepenulisan yang bisa didapat di sini, Masya Allah...
sudut pandang vina mengatakan…
Be part of ODOP itu sesuatu paling berharga di tahun 2022. ODOP buat niat memulai menulisku makin terpacu. Mengenal banyak orang. Belajar tentang blog, kepenulisan, bertemu orang-orang yang enggak bisa hentinya aku syukuri. Belajar makin percaya diri juga di sini.
eva mengatakan…
Aku jatuh cinta sama komunitas ini saat sedang ngikutin RWC tahun 2022 lalu. Akhirnya ikutan gabung dan ikutan kegiatan yang ada di sini. Keren banget deh. Aku ikut OBS dan OTM. Banyak pengetahuan yang aku dapatkan hingga akhirnya mulai bisa mewujudkan mimpiku sejak lama untuk terjun di dunia kepenulisan. Thanks komunitas ODOP
Han mengatakan…
MasyaAllah ODOP emang the best. Jadi salah satu komunitas yang bikin aku konsisten nulis dan makin cinta sama pekeerjaan ini. Hihi
Aziz mengatakan…
Masya Allah... aku salut dengan organisasi ini. Walaupun terjadi berbagai lika-liku dan drama, tapi mereka yang senior-senior itu senantiasa sabar dan membimbing kita. Tinggal yang menjadi pikiranku adalah apakah aku bisa memberikan kontribusi terhadap organisasi ini. Apalagi sudah begitu banyak manfaat yang diberikan kepada kami semua secara gratis. (Zen)
Dyah Kusuma mengatakan…
Komunitas ODOP memang keren kok, pesertanya dimanjakan dengan banyak materi dan itu free lo aka gratis, padahal materinya banyak banget
selain itu bagi yang sudah lolos diberi kesempatan mencoba beberapa platform untuk mengasah skill
Utamy Ningsih mengatakan…
Yes, Komunitas ODOP juga jadi langkah awal untuk aku mengenal dunia blogger. Meskipun belum pro, tapi sejauh ini aku sangat menikmati menulis untuk blog sendiri, hihihi. Thank You ODOP. Berkat ODOP, aku juga jadi merasa punya keluarga baru.
Florensia_p mengatakan…
Komunitas ODOP di bawah duo pimpinan Mba Nimas dan kak Yonal, semoga jadi semakin maju dan aktif anggotanya 🔥🔥
Siti Nurhayati mengatakan…
Waah ... Komunitas ODOP harus disebarluaskan ke segala penjuru nih, melihat banyaknya kelas literasi yanh ditawarkan, jamin akan support aktivitas menulis tiap anggotanya. Keren.
Deeva Collection mengatakan…
Komunitas ODOP Te O Pe Be Ge Te deh. Komunitas yang benar-benar mengajak semua bersama untuk bisa terus meningkatkan kemampuan diri.
Wiwid Nurwidayati mengatakan…
keren banget ya Komunitas ODOP ini. Slaut banget dengan perkembangannya yang sudah semakin bagus.
atiq - catatanatiqoh mengatakan…
mantap memang ODOP, komunitas pertamaku di dunia tulis menulis ya ODOP ini :) banyak banget belajar dari para suhu disini, sampai akhirnya bisa jadi blogger yang menghasilkan, Alhamdulillah :)
Sarieffe mengatakan…
ODOP memang kesayangan ya, akhirnya juga banyaaak banget dapet ilmu dan belajar kepedulian ini dari ODOP. Banyak teman-teman OBS seangkatan menangis lomba blog, masyaAllah..