Review Buku | 52 Kisah Teladan Alquran

Posting Komentar

52 kisah teladan alquran

Alquran setengahnya berisi cerita. Kenapa demikian? karena hakikatnya manusia memang suka akan cerita. Tetapi yang menjadi perbedaan dasarnya adalah cerita-cerita dalam Alquran mengandung hikmah yang dapat diambil hikmahnya oleh setiap pembacanya.

Buku yang berjudul 52 kisah teladan Alquran adalah salah satu buku yang menceritakan tentang banyak cerita sejarah masa lalu yang bisa diambil pelajaran dan hikmah oleh setiap pembacanya. Tidak hanya sejarah para nabi, tetapi cerita-cerita lain yang banyak pelajaran hidup untuk diambil hikmahnya dalam hidup kita. Seperti disebutkan dalam Alquran surat Hud ayat 120

وَكُلًّا نَقُصُّ عَلَيْكَ مِنْ أَنْبَاءِ الرُّسُلِ مَا نُثَبِّتُ بِهِ فُؤَادَكَ وَجَاءَكَ فِي هَذِهِ الْحَقُّ وَمَوْعِظَةٌ وَذِكْرَى لِلْمُؤْمِنِينَ

Dan semua kisah dari rasul-rasul Kami ceritakan kepadamu, ialah kisah-kisah yang dengannya Kami teguhkan hatimu; dan dalam surat ini telah datang kepadamu kebenaran serta pengajaran dan peringatan bagi orang-orang yang beriman
(QS. Huud: 120)

Hikmah Dalam 52 Kisah Teladan Alquran

Dalam buku yang ditulis oleh Nurul Ihsan ini terdapat 52 cerita dalam Alquran. Cerita yang di deskripsikan dalam buku tersebut terdiri dari kisah para Nabi terdahulu, kisah yang berhubungan dengan kejadian pada masa lalu, dan kisah-kisah yang terjadi pada masa Rasullulah SAW.

Dalam pengantarnya, penulis buku ini menceritakan tujuan disusunnya 52 kisah teladan alquran ini untuk dapat dijadikan pelajaran dan juga petunjuk yang berguna bagi setiap orang, serta memberikan pengertian tentang sesuatu yang terjadi dengan sebenarnya agar dijadikan ibrah untuk memperkokoh keimanan dan membimbing ke arah perbuatan yang baik dan benar.

Yang juga sangat menarik, di akhir buku ini dilengkapi dengan games yang attraktif untuk anak-anak. Games dalam buku ini adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan hikmah dalam kehidupan sehari-hari, seperti:

  • Menandai gambar dari beberapa jenis air yang dapat digunakan untuk wudhu
  • Menandai gambar-gambar yang berhubungan dengan manfaat biri-biri
  • Menebalkan huruf tulisan tentang keutamaan Salat di Masjid
  • Melengkapi kata-kata yang berhubungan dengan binatang-binatang yang dapat berkomunikasi dengan Nabi Sulaiman
  • Memilih gambar-gambar yang berhubungan dengan benda-benda yang wajib di zakatkan
  • Menandai gambar-gambar akhlak atau perilaku yang akan membawa kita ke surga atau neraka
  • Menyusun kata-kata yang berhubungan dengan rangkaian Ibadah Haji

52 Kisah teladan Alquran

Buku ini sangat cocok untuk para orang tua untuk mengenalkan isi Alquran yang luar biasa kepada anak-anak. Selain setiap ceritanya yang tidak terlalu panjang di setiap judulnya, juga dilengkapi gambar yang akan menarik perhatian setiap anak untuk diajak menyimak tentang buku ini.

Identitas Buku

Judul: 52 Kisah Teladan Alquran
Penulis: Nurul Ihsan
Penerbit: Smart Book/ Creative Business Media (CBM) Agency
Cetakan Pertama: 2017

Yonal Regen
Family man who love sharing about parenting, education, technology, and humanities. Find me at 26syafiqregen@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar