Target Pencapaian di Bulan Ramadan

2 komentar
Target di bulan Ramadan

Bulan Ramadan adalah bulan Mulia. Kita sejatinya memaksimalkan aktivitas-aktivitas positif kita di bulan ini.

Jangan sampai Ramadan berlalu begitu saja tanpa ada pencapaian berarti yang kita lakukan selama ibadah saum ini. Untuk mencapai apa yang kita harapkan, ada baiknya kita membuat daftar target pencapaian di bulan Ramadan sebagai bahan pengingat.

Apa Target Pencapaianmu di Bulan Ramadan ini?

Suatu kali saya menanyakan pertanyaan ini ke beberapa murid di madrasah. Ada dua orang siswi kelas akhir di madrasah aliyah tempat saya mengajar yang menceritakan target-target pencapaian mereka di bulan Ramadan.

Kedua murid tersebut bernama Septiani dan Siti Rahmatillah. Keduanya sebentar lagi akan menyelesaikan pembelajarannya di tahun ini.

Mereka menceritakan bahwa mereka mempunyai harapan dan target di bulan suci Ramadan kali ini. Beberapa di antaranya ialah:

Menjadi Pribadi Yang Lebih Baik

Menjadikan diri sebagai sosok pribadi yang lebih baik dan dapat meningkatkan kualitas ibadah kami kepada Allah SWT baik yang berupa ibadah mahdoh maupun ghair mahdoh . 

Kalimat di atas mereka sepakati sebagai salah satu target yang ingin mereka capai di bulan suci ini. Mereka menjelaskan kenapa ingin menjadi pribadi yang lebih baik di momen bulan mulia ini.

Mungkin, tidak hanya kami yang mempunyai harapan untuk menjadi sosok pribadi yang lebih baik, karena setiap orang pasti mempunyai keinginan untuk menjadikan dirinya lebih baik dan bisa lebih bermanfaat bagi orang lain, kenapa? karena menurut salah satu hadis Rasulullah SAW bahwa “orang yang baik adalah orang yang bisa bermanfaat bagi orang lain”.

Menghatamkan Quran

target di bulan ramadan

Mereka juga berharap di bulan suci Ramadan kali ini untuk bisa mengkhatamkan Alquran 30 juz. Hal ini karena mereka ingin menjadikan bulan suci Ramadhan ini menjadi lebih bermakna dan penuh keberkahan.

Tidak sedikit orang yang menggunakan waktu senggangnya untuk beribadah. Salah satunya ialah bisa kita gunakan untuk memperbanyak bacaan ayat-ayat suci Alquran, karena di bulan Ramadhan ini semua amal ibadah kita yang bersifat sunat, pahalanya akan Allah setarakan dengan pahala ibadah yang bersifat wajib .

Maka dari itu, Septi dan Rahma menyepakati untuk menggunakan waktu di bulan suci Ramadhan ini dengan sebaik -baiknya untuk dapat lebih meningkatkan kualitas ibadah kepada Allah SWT. 

Tarawih Full

Seorang teman Blogger, Dea Vita Manda juga punya target di Ramadan kali ini. Ia menuturkan bahwa ia menargetkan untuk melakukan salat tarawih selama selama 1 bulan. Ia mempunyai target untuk tarawih full ini karena merasa di Ramadan-ramadan sebelumnya ada tarawihnya yang tertinggal alias bolong.

Selain menargetkan salat tarawih yang penuh, Kak Dea juga ingin agar Ramadan ini bisa memaksimalkan dalam menjalankan amal-amal sunah dan juga minimal dapat dua kali mengkhatamkan Quran. Sungguh cita-cita yang mulia sekali.

Simpulan

Kita pastinya bersepakat bahwa Ramadan adalah momen yang sakral yang tak boleh dilewatkan begitu saja. Semoga kita dapat memaksimalkan ibadah-ibadah terbaik dan pencapaian-pencapaian yang kita harapkan di bulan penuh ampunan ini. Membuat daftar target pencapaian di Bulan Ramadan bisa menjadi salah satu cara kita mengingatkan diri untuk terus bersemangat mencari Rida Allah yang semoga kita bisa dapatkan di Ramadan kali ini.

Masih banyak hal-hal yang bis kita lakukan selama Ramadan ini, semisal memperbanyak shalawat kepada Nabi Muhammad Saw, atau juga bisa memperkaya khazanah pengetahuan tentang sejarah kehidupan Nabi Muhammad Saw dengan membaca buku atau informasi-informasi yang terkait dengannya. Intinya tak ada momen yang tak boleh berlalu begitu saja tanpa ada aktivitas atau ibadah.

Yang tak kalah pentingnya adalah bahwa semua target yang ingin kita lakukan dan kita capai di Ramadan ini bisa mengantarkan kita pada tujuan utama diperintahkannya saum kepada manusia yaitu agar bertambah-tambah ketaqwaanya. Seperti yang kita mafhumi dalam Quran tentang kewajiban saum

Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa. 
Surat Al Baqarah ayat 183
Yonal Regen
a Father of four, Educator and Author of Narasi Ayah Guru

Related Posts

2 komentar

  1. Bismillah, semoga Ramadan kali harapan dan target menjadinkenyataan ya Pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin ya robbal aalamiin. Semoga dimudahkan, ya Kak Yun

      Hapus

Posting Komentar