Memulai Hari Dengan Sholat Dhuha

2 komentar
Keutamaan salat dhuha

Ada kebiasaan positif yang biasa dilakukan di madrasah tempat saya mengabdi, MA dan MTs Raudlotul Ulum Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, di pagi hari sebelum memulai kegiatan belajar mengajar. Kegiatan tersebut adalah pembiasaan salat duha.

Salat duha dilaksanakan baik oleh murid maupun guru jam pertama pada jam 7 pagi. Karena jumlah siswa yang lumayan banyak, pelaksanaan salat duha ini biasa dilaksanakan di lapang sekolah.

Keutamaan Sholat Dhuha

Di sekolah, pembiasaan salat duha yang kami lakukan tiada lain sebagai didikan pembiasaan positif, berharap salat duha ini menjadi kebiasaan positif yang dilakukan oleh semuanya, baik guru maupun siswa, di hari pembelajaran atau pun di hari-hari lainnya. Adapun jika kita mendapat hikmah dan manfaat lainnya dari salat duha seperti dilancarkannya rezeki, Alhamdulillah, itu tiada lain keberkahan dari Allah SWT.

Doa Sholat Dhuha

doa salat duha

Doa salat duha yang dipraktikkan di sekolah biasanya dipimpin oleh satu orang guru atau juga perwakilan salah satu siswa. Siswa memang dilibatkan untuk belajar pemimpin pembacaan doa salat duha ini, agar mereka pun suatu saat menjadi orang yang siap memimpin termasuk dalam kegiatan-kegiatan keagamaan seperti salat duha ini.

Doa salat duha adalah:

اَللّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ


اَللّٰهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ


Ya Allah, bahwasanya waktu dluha itu waktu dhuhaMu, kecantikan ialah kecantikanMu, keindahan itu keindahanMu, kekuatan itu kekuatanMu, kekuasaan itu kekuasaanMu, dan perlindungan itu, perlindunganMu.

Ya Allah, jika rizkiku masih di atas langit, turunkanlah .dan jika ada di dalam bumi, keluarkanlah, jika sukar mudahkanlah, jika haram sucikanlah, jika masih jauh dekatkanlah, berkat waktu dhuha, keagungan, keindahan, kekuatan dan kekuasaanMu, limpahkanlah kepada kami segala yang telah Engkau limpahkan
kepada hamba-hamba-Mu yang saleh.

Niat Sholat Dhuha

Niat salat duha yaitu dengan mengucapkan dalam hati ketika takbiratul ihram untuk melakukan salat duha dua rakaat, sunah, karena Allah taala. Pengucapan niat ini berbarengan dengan pengucapan takbir, bedanya, takbir dilapadkan di mulut, sedang niat cukup dalam hati.

Adapun talafudz niat dalam Bahasa Arab yang dibaca sebelum takbirotul ihrom adalah

اُصَلِّى سُنَّةَ الضَّحٰى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً ِللهِ تَعَالَى

Ushalli Sunnatadh-dhuhaa rak'ataini lillaahi ta'aalaa.

Waktu Sholat Dhuha

Pelaksanaan salat duha di sekolah yang biasa kami lakukan adalah sebelum pelaksanaan jam pelajaran pertama. Jam pelajaran pertama dimulai pada pukul 07.15 WIB, dan salat duha kami laksanakan pada pukul 07.00 tepat.

Jadi awa waktu sekitar 15 menit dalam melaksanakan salat duha dan juga pembacaan doanya. Selepas itu, seperti biasa murid-murid dan juga guru bersiap-siap masuk ke ruang kelas memulai pembelajaran.

Secara umu salat duha bisa dilaksanakan selepas matahari naik kira-kira 15 derajat, sampai menjelang waktu salat dzuhur. Waktu salat duha ini lumayan panjang, jadi bisa dilaksanakan sesenggangnya kita memiliki waktu.

Cara Sholat Dhuha

Tata cara sholat dhuha sama seperti salat pada umumnya, mulai dari takbirotul ihrom sampai mengucapkan salam. Yang berbeda adalah pembacaan doa setelah pelaksanaan salatnya.

Jika teman-teman belum hafal dengan doanya, tak mengapa. Berdoalah dengan bahasa yang kita mampu, mintalah apa pada Allah apa-apa yang menjadi hajat dalam hidup kita.

***

Semoga dengan pembiasaan salat dhuha di awal hari ini Allah menambahkan keberkahan dalam hidup kita dan juga menambahkan semangat kita dalam menjalani hari. Yuk, kita salat dhuha!.

Yonal Regen
Family man who love sharing about parenting, education, technology, and humanities. Find me at 26syafiqregen@gmail.com

Related Posts

2 komentar

Wakhid Syamsudin mengatakan…
Terima kasih sharingnya, Pak. Anak2 memang butuh pembiasaan kebaikan.
Yonal Regen mengatakan…
Sami-sami Pak De, semoga bermanfaat