Rekomendasi Buku Parenting Untuk Segala Usia Anak

2 komentar
Buku Parenting

Masalah parenting terus berkembang seiring perkembangan zaman. Orang tua harus sekali menyesuaikan pola pengasuhan sesuai masanya.

Seperti keterangan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Ali bin Abi Thalib

Didiklah anak-anakmu sesuai dengan zamannya, karena mereka hidup bukan di zamanmu

Beruntung saat ini kita hidup di tengah zaman yang sudah modern, di mana akses ilmu dan pengetahuan bisa kita cari dengan mudahnya baik melalui buku, seminar, dan bahkan di internet pun sudah banyak materi-materi tentang parenting.

Buku menjadi salah satu referensi untuk belajar parenting. Banyak penulis yang sudah membahas tentang pengasuhan ini, salah satunya buku yang berjudul Parenting (B)ala-(B)ala 1 Minggu 1 Cerita, Bukan Resep Pengasuhan Abal-abal

Parenting (B)ala-(B)ala 1 Minggu 1 Cerita, Bukan Resep Pengasuhan Abal-abal

Judul buku parenting yang satu ini lumayan panjang. Selain panjang, judulnya juga lumayan unik dengan adanya kata (B)ala-(B)ala.

Bala-bala adalah bakwan dalam Bahasa Sunda. Bakwan adalah gorengan yang renyah yang banyak disukai banyak orang Indonesia dengan perpaduan rasa asin dan gurihnya.

Buku ini menggunakan filosofi bala-bala karena masalah parentingnya dibahas dengan renyah dan gurih. Menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan diambil dari pengalaman penulisnya dalam mengasuh sang buah hati.

Kalau menggunakan sudut pandang kata ala-ala, ini bermaksud buku ini dibahas dari sudut pandang para kontributor yang tergabung dalam komunitas 1 minggu 1 cerita dalam masalah parenting. Komunitas 1 minggu 1 cerita atau yang biasa disingkat 1M1C adalah komunitas para Blogger yang bertujuan mengasah konsistensi menulis para anggotanya, minimal menulis 1 minggu 1 tulisan.

Untuk menambah erat tali persaudaraan antar anggota di Komunitas 1M1C, maka para pengurus berinisiatif membuat sebuah buku antologi parenting yang diambil dari pengalaman para kontributornya dalam hal pengasuhan anak-anak.

buku parenting

Hal lain yang membuat buku ini unik adalah penyusunan masalah parenting dan pengasuhan berdasarkan usia, mulai dari new born sampai remaja. Berikut gambaran umum buku ini menurut spesifikasi usia anak.

Bayi 3 Bulan - 2 Tahun

Kategori pertama yang dibahas dalam buku ini adalah tentang pengasuhan pada bayi 3 bulan sampai 2 tahun. Pada kategori ini terdapat dua penulis, yaitu Nimas Achsani dan Zeneth Thobarony.

Sosok Nimas Achsani, Blogger yang juga ketua Komunitas ODOP 2023 mengupas tentang Feeding Rules pada bayi. Sedangkan Zeneth membahas tentang keselamatan bayi dalam hal berkendara ketika dibawa oleh orang tuanya.

Balita 2-5 Tahun

Pada kategori parenting anak usia 2-5 tahun, kontributor yang menuliskan pengalaman pengasuhan mereka lumayan banyak. Ada 13 orang tua yang menyumbangkan tulisan mulai dari masalah menjalin kedekatan dengan anak bagi ibu yang bekerja sampai tips bagaimana cara mendapatkan hati anak dengan bahasa cinta.

Salah satu yang menarik dalam bahasan parenting anak usia 2-5 tahun adalah tulisan Mbak Shafira Adlina yang membahas tantrum pada anak. Dalam tulisannya ia membagikan pengalaman bagaimana ia menghadapi anak yang tantrum dan juga membagi tips bagaimana menanggulanginya, diantaranya seperti

  • Tenangkan diri sebeum menenangkan anak
  • Menerima perasaan anak
  • Menemani anak dalam badai emosinya
  • Validasi perasaan anak

Anak 5-10 Tahun

Untuk kategori ke tiga dalam buku ini ada 7 kontributor yang menuliskan pengalaman dalam pengasuhan. Selain tentang parenting di sekitar kita, ada juga sosok Hicha Aquino yang membahas parenting di Jepang.

Masa Remaja

Untuk kategori terakhir, ada kontributor yang membahas tentang masa remaja yang harus diisi dengan ilmu Quran dan juga peran orang tua dalam pergauan remaja. Untuk bahasan urgensi ilmu Quran pada remaja dibahas oleh sosok Karimah Iffia Rahman, sedangkan tema peran orang tua dalam pergaulan remaja dibahas oleh Blogger Hani Widiatmoko.

Simpulan

Secara garis besar buku ini adalah paket lengkap untuk dibaca oleh setiap orang tua dan juga calon orang tua yang ingin membaca ragam pengalaman parenting dan pengasuhan terhadap anak-anak sesuai usianya. Ada banyak ilmu dan hikmah di buku setebal 160 halaman ini.

Walaupun dari kata pengantar buku Parenting (B)ala-(b)ala 1 minggu 1 cerita ini mengakui kalau isinya bukan referensi yang lengkap dan komprehensif, tetapi tulisan-tulisan para orang tua yang juga Blogger ini merupakan wujud perhatian dan gagasan yang sangat layak kita baca juga.

Yonal Regen
Family man who love sharing about parenting, education, technology, and humanities. Find me at 26syafiqregen@gmail.com

Related Posts

2 komentar

duniamasak mengatakan…
wah terimakasih atas rekomendasinya kak, sangat bermanfaat :D
Sarieffe mengatakan…
Ini bukunya terbitan komunitas 1m1c ya kak? Baru tahu nih, mba Nimas dan mba Zeneth nulis buku parenting juga. Mantap