Mengenalkan Materi Entrepreneur Untuk Anak Sekolah

1 komentar
Mengenalkan Materi Entrepreneur Untuk Anak Sekolah

Mengenalkan materi entrepreneur untuk anak sekolah tingkat SMA sederajat adalah salah satu ikhtiar yang bisa dilakukan pihak sekolah atau madrasah untuk mengenalkan dunia entrepreneur kepada para siswa dan siswi. Dengan pengenalan materi entrepreneur siapa tahu potensi para siswa akan semakin tergali dan bisa menjadi modal mereka kedepannya, baik untuk pemilihan jurusan di bangku kuliah maupun ketika terjun langsung di dunia usaha.

Pengertian Entrepreneur dan Contohnya

Entrepreneur sering dikaitkan dengan wirausaha, bisnis, dan perusahaan. Lebih jelasnya, entrepreneur dapat dimaknai sebagai orang yang mampu mengelola, mengendalikan, dan dan menyatukan faktor produksi.

Sebenarnya banyak sekali yang mendefinisikan kara entrepreneur ini, Menurut Cambridge Dictionary, entrepreneur diartikan sebagai orang yang mampu memulai bisnis sendiri atau orang yang bisa memanfaatkan peluang untuk dijadikan ladang usaha.

Di Indonesia lumayan banyak anak-anak muda yang bisa dijuluki sebagai entrepreneur dan bahkan mereka telah meraih kesuksesan dengan langkah mereka untuk menekuni bidang entrepreneur ini. Salah satu contoh entrepreneur yang telah sukses adalah sosok Trie Handayani yang saat ini menjabat sebagai Direktur Utama PT. Ureka Indonesia

Seminar Entrepreneur Untuk Siswa SMA Sederajat

Workshop Entrepreneur Untuk Siswa SMA

Melihat besarnya peluang usaha di bidang entrepreneur, sekolah atau madrasah tingkat menengah seperti SMA dan MA perlu sekali mengenalkan dunia entrepreneur kepada para siswanya. Hal ini juga yang dipahami Kepala Sekolah MA Raudlotul Ulum Sukabumi yang berinisiatif mengadakan workshop entrepreneur untuk para siswanya.

Urgensi pengenalan materi entrepreneur kepada para siswa juga diamini oleh seorang teman pengajar yang juga aktif sebagai Blogger, Windi Astuti. Ia mengatakan bahwa para siswa butuh mengenal apa-apa saja bidang yang bisa mereka tekuni di masa depan.

Pernah di sekolah mengadakan bazar, dan siswa antusias buat gelar lapak. Bahkan cari ide menu yg mau di jual di stand bazar apa, sampai marketingnya mereka berusaha mengetahuinya. Dan memang perlu juga mengenalkan siswa soal entrepenur, biar mereka ada usaha cari duit bagaimana. Buat bekal besok ke depannya juga untuk survive. Sekaligus asah kreativitas dan kerja tim

Tema Seminar Entrepreneur

Tema yang diangkat dalam seminar entrepreneur yang diadakan di Madrasah Aliyah Raudlotul Ulum Sukabumi adalah

Grow Your Potential Entrepreneur with Ureka

Pada seminar yang diadakan pada Rabu, 15 Maret 2023 dalam temanya mengandung kata Ureka, karena tamu undangan yang menjadi narasumbernya adalah Direktur Utama PT. Ureka Indonesia, Trie Handayani.

PT. Ureka Indonesia sendiri adalah perusahaan di bidang retail yang menargetkan pesantren-pesantren yang ada di Indonesia. Habib Luthfi Ali Yahya adalah sosok yang menjadi penggagas PT. Ureka ini dalam bentuk koperasi yang kemudian dikenal dengan Ureka Mart. PT.Ureka Mart Hadir dengan misi untuk memberdayakan potensi perekonomian rakyat Indonesia melalui pesantren-pesantren yang memang jumlahnya sangat banyak di negeri kita. 

Materi Seminar Entrepreneur

materi seminar entrepreneur

Dalam seminar entrepreneur di MA Raudlotul Ulum, acara berjalan dengan penuh antusiasme dari para peserta. Hal ini salah satunya dipicu dari materi yang disampaikan Direktur Utama PT. Ureka Indonesia yang dibawakan dengan santai, menggunakan bahasa yang mudah dipahami anak-anak remaja, dan penguasaan audiensi yang sangat mumpuni.

Banyak sekali hal-hal yang disampaikan oleh sosok Trie Handayani dalam menyemangati para siswa yang ingin terjun ke dunia entrepreneur ketika dewasa kelak. Dan benar saja, pada sesi tanya jawab, banyak sekali anak-anak yang bertanya yang berkenaan dengan dunia entrepreneur ini yang menandakan antusiasme mereka lumayan tinggi.

Diantara banyaknya hal-hal yang disampaikan dalam materi entrepreneur, berikut rangkuman materi seminar entrepreneur yang diselenggarakan di gedung MA Raudlotul Ulum Sukabumi ini.

  • Mengeksplor diri untuk mengetahui potensi yang ada pada diri kita
  • Tidak insecure dengan keadaan kita saat ini dan tidak menjadikannya penghalang untuk maju
  • Mau mencoba sesuatu dan tidak takut dengan kegagalan
  • Melakukan inovasi-inovasi baru dengan semangat muda
materi entrepreneur

Semoga dengan mengenalkan materi entrepreneur pada siswa dan siswi di sekolah menjadi salah satu media cara belajar yang baik bagi mereka dengan bertemu langsung sosok entrepreneur dan menggali ilmu darinya dan  kelak akan lahir entrepreneur-entrepreneur sukses yang berasal dari sekolah atau madrasah yang pada akhirnya bisa membawa kemanfaatan untuk hidupnya dan juga orang lain di sekitarnya.

Yonal Regen
Family man who love sharing about parenting, education, technology, and humanities. Find me at 26syafiqregen@gmail.com

Related Posts

1 komentar

Dyah Kusuma mengatakan…
ikut mengaminkan doa yang baik, semoga dengan adanya materi entrepreneur akan membuat siswa lenih paham lagi tentang entrepreneur