Pendidikan Berorganisasi Bagi Siswa Melalui OSIS

10 komentar

 siswa MTs

Mendedikasikan diri di dunia pendidikan sungguh menjadi keberkahan tersendiri. Melihat anak didik kita tumbuh dan berkembang dalam naungan pendidikan yang kita ikhtiarkan secara maksimal adalah proses kebahagiaan yang luar biasa.

Anak didik kita dengan segenap potensinya adalah sumber daya yang oleh seorang guru harus dapat tersalurkan, termasuk mereka yang mempunyai potensi di bidang kepemimpinan dan organisasi. OSIS adalah wadah yang dimiliki sekolah atau madrasah untuk menjadi media agar mereka dapat belajar dan mengembangkan potensi mereka.

OSIS Sebagai Wadah Belajar Berorganisasi Bagi Siswa

OSIS biasanya berada pada tingkat pendidikan SMP dan SMA. OSIS sendiri adalah singkatan dari Organisasi Siswa Intra Sekolah yang dibentuk sebagai tempat belajar siswa memupuk skill keorganisasian dan kepemimpinan yang mereka miliki agar terus berkembang.

Banyak sekali manfaat yang bisa diraih ketika bergabung dengan OSIS di madrasah Tsanawiyah ini. Beberapa diantaranya adalah:

  • Akan memiliki pengalaman berorganisasi sedini mungkin
  • Belajar tentang seluk beluk kepemimpinan
  • Belajar mengatur waktu antara kegiatan belajar di kelas dan kegiatan di OSIS
  • Belajar mengadakan kegiatan di sekolah melalui program kerja di OSIS

OSIS MTs Raudlotul Ulum Kadudampit Kabupaten Sukabumi

OSIS MTs Raudlotul Ulum

Di semester pertama tahun pelajaran, sudah menjadi lumrah terjadi pergantian kepengurusan dalam OSIS. Tahun ini, di MTs Raudlotul Ulum -tempat saya mengabdikan diri menjadi seorang guru, yang terletak di Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi pun demikian, ada tiga calon kandidat yang akan menjadi ketua OSIS dari kelas delapan, dan tiga kandidat pendamping sebagai calon wakil ketua OSIS dari kelas tujuh.

Setelah melewati proses seleksi, kampanye ke setiap kelas, dan akhirnya pemilihan ketus dan wakil ketua OSIS, terpilihlah dari tiga kandidat tersebut atas nama siswa Ayi Muhyidin dari kelas delapan sebagai ketua OSIS.

Dalam pemilihan OSIS yang diadakan pada Sabtu, 6 November 2021 itu tidak hanya melibatkan seluruh siswa saja yang menjadi pemilih, namun juga para guru dan staf tata usaha yang diberi kesempatan untuk memberikan hak suaranya untuk memilih ketua dan wakil ketua OSIS periode 2021/2022.

Setelah terpilihnya ketua dan wakil ketua OSIS, langkah selanjutnya adalah mengadakan pembekalan keorganisasian dan kepemimpinan dalam program latihan dasar kepemimpinan siswa (LDKS) sebagai modal dasar para siswa yang bergabung di OSIS untuk mengetahui seluk beluk dan program-program yang ada di dalam OSIS.

Usaha Madrasah Dalam Mewadahi Setiap Potensi Siswa

Siswa SMP

Adanya organisasi OSIS adalah ikhtiar maksimal dari madrasah untuk mewadahi setiap potensi peserta didik, khususnya siswa yang tertarik dalam hal keorganisasian dan kepemimpinan. Harapannya ke depan akan lahir para generasi-generasi dengan pemimpin yang baik, tangguh, dan amanah yang telah mendapat sentuhan pendidikan keorganisasian dan kepemimpinan yang mumpuni sedini mungkin, dan itu berasal dari sekolah atau madrasah.

Sesungguhnya kepemimpinan merupakan sebuah amanah, di mana kelak di hari kiamat akan mengakibatkan kerugian dan penyesalan. Kecuali mereka yang melaksanakannya dengan cara baik, serta dapat menjalankan amanahnya sebagai pemimpin.
Hadist Riwayat Muslim


Asmawati Dalfa
a mom of four, science teacher, and parenting enthusiast

Related Posts

10 komentar

  1. Semoga siswa-siswi MTs Raudlotul Ulum semakin teredukasi melalui OSIS dari segi kepemimpinan dan juga manajemen organisasinya, hingga kelak menjadi para pemimpin terbaik pada amasanya. Amin

    BalasHapus
  2. Duh, jadi rindu ke masa-masa di mana ada OSIS, nih. Benar sekali bahwa OSIS bisa menjadi salah satu ikhtiar membentuk pribadi berjiwa pemimpin. Semoga usaha MTs Raudlotul Ulum mendapatkan hasil optimal, ya, Kak.

    BalasHapus
  3. Semoga lahir banyak pemimpin berkat kegiatan keorganisasian..

    BalasHapus
  4. Organisasi itu bisa membantu menguatkan banyak hal terkait karakter seseorang. Pengalaman manajemen konflik dalam berorganisasi itu yang ngangenin.

    Sukses terus ya untuk seluruh siswa Roudhotul ulum

    BalasHapus
  5. Pembekalan kepemimpinan sangat penting, apalagi jika sudah diberikan di awal masa baligh nya anak-anak. Saat dewasa mereka tinggal memoles dasar-dasar kepemimpinan tadi, dan tentu saja OSIS merupakan wadah organisasi tingkat sekolah yang mampu menfasilitasinya. Selamat kepada ketua OSIS terpilih!

    BalasHapus
  6. Bekal organisasi memang sangat penting. Paling tidak yang saya lihat dari teman-teman saya, yang jaman sekolah suka berorganisasi banyak yang sukses saat ini. Jaringan mereka banyak, mgk karena sudah belajar kerjasama dan networking sejak muda.

    BalasHapus
  7. Dari serangkaian kegiatan pembentukan pengurus OSIS, yang paling seru menurut saya adalah masa-masa mengikuti LDKS.

    Jaya terus OSIS MTS Raudlotul Ulum

    BalasHapus
  8. Jadi ingat waktu masa sekolah nih, rasanya kalau jadi bagian dari kepengurusan OSIS tuh sesuatu banget. Dikenal para guru terus sok sibuk gitu, hehehe.

    BalasHapus
  9. Semoga pendidik terus bersemangat mencerdaskan anak bangsa. Dan segala upayanya mendapat ganjaran yang setimpal Karena perjuangannya yang mulia

    BalasHapus
  10. Dari dulu ngga pernah aktif di organisasi kesiswaan dan kemahasiswaan. Huhu...padahal memang banyak manfaat. Berkaca dari tulisan Pak Yonal, tar anak-anak saya arahkan aktif di keorganisasian, InsyaAllah

    BalasHapus

Posting Komentar