Belajar Quran Lebih Seru dengan Quranic Camp

2 komentar
quranic camp

Di pertengahan semester sekolah, salah satu program yang ada di SD tempat sang anak belajar adalah diadakannya Quranic Camp untuk siswa kelas empat sampai dengan enam. Program ini diadakan sebagai ikhtiar sekolah agar para siswa lebih dekat kepada Al-Quran dan juga merasakan keseruan dalam belajarnya.

Tentu saja kami sebagai orang tua menyambut dengan baik program Quranic Camp ini. Persiapan alat-alat untuk menginap di akhir pekan selama acara ini berlangsung kami siapkan dengan seksama agar Si Sulung bisa mengikuti acara dengan khidmah.

Dari dokumentasi yang wali kelas bagikan di grup WA orang tua, tampak anak-anak begitu antusias mengikuti setiap rangkaian dalam acara yang berlangsung selama 2 hari 1 malam ini. Selain dokumentasi gambar-gambar kegiatan, panitia Quranic Camp juga sebelumnya telah mengirimkan run down acara kepada orang tua untuk diketahui bersama.

Kegiatan Quranic Camp

Selama kegiatan berlangsung, rangkaian acara yang disiapkan panitia adalah acara yang berorientasi agar siswa merasakan kedekatan dengan Quran. Tetapi tentu saja seluruh programnya menyesuaikan dengan karakter anak-anak sehingga ada juga keseruan di dalamnya.

Beberapa rangkaian kegiatan acara selama Quranic Camp anatara lain:

1. Pembukaan Acara

Acara Quranic Camp ini dibuka secara resmi setelah salat ashar. Sebelumnya para siswa sudah mulai berdatangan setelah salat dzuhur. Sambil menunggu acara pembukaan, mereka merapikan barang bawaan dan juga menyiapkan tempat untuk mereka tempati untuk tidur malamnya.

Sebelum berlanjut ke acara lainnya, seluruh peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dan setiap kelompok rata-rata berjumlah 10-12 orang.

2. Fun Game

Untuk menambah keseruan acara, para penanggung jawab acara telah menyiapkan fun game untuk seluruh peserta. Tentu saja permainannya segala sesuatu yang dihubungkan dengan Quran seperti tebak ayat, tebak nama surat, dan sambung ayat.

3. Halaqoh Quran

halaqoh quran

Program Halaqoh Quran adalah acara yang diadakan selepas salat magrib. Acara ini mengaji dengan kelompok yang telah dibentuk dan dipandu oleh satu ustadz di setiap kelompoknya. Program ini berlangsung selama jeda antara salat magrib dan isya.

Program halaqoh dilaksanakan 2 kali. Selain setelah salat magrib, acara ini juga dilaksanakan kembali setelah salat subuh di hari selanjutnya.

4. Materi Quranic Camp

materi quranic camp

Selama mengikuti acara Quranic Camp, anak-anak mendapat tiga materi yang berhubungan dengan Kitab yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad Saw ini dari 3 pemateri yang berbeda. Materi dibawakan selepas salat isya, dan ada juga yang disampaikan esok harinya. 3 materi Quranic Camp tersebut yaitu:

  • Tips menghapal Quran
  • Keutamaan menghapal Quran
  • Klinik Al-Fatihah

5. Qiyamul Lail

qiyamul lail

Setelah selesai materi malam, anak-anak istirahat dengan kelompoknya masing-masing. Selanjutnya mereka dibangunkan pada pukul 3 dini hari untuk melaksanakan salat tahajud atau qiyamul lail. Sambil menunggu waktu subuh, setelah qiyamul lail anak-anak diberi materi muhasabah.

6. Out Bond

Setelah memulai hari dengan salat dhuha, sarapan dan olahraga, acara dilanjutkan dengan menjelajah atau out bond. Dalam program penjelajahan anak-anak melewati beberapa pos dan di setiap pos mereka diberi pertanyaan yang berhubungan dengan 3 materi yang telah disampaikan sebelumnya.

7. Penutupan

penutupan acara quranic camp

Acara penjelajahan berlangsung sampai siang sampai akhirnya mereka finish di sekolah. Acara selesai dan waktunya penutupan.

Di acara penutupan anak-anak diberi hadiah berdasarkan kategori masing-masing. Mereka sangat senang diapresiasi walau dengan hadiah receh seperti tumbler atau misting, tapi yang terpenting memang penghargaan dengan apa yang telah mereka lakukan selama mengikuti acara Quranic Camp ini.

Learn Lesson dari Program Quranic Camp

Ini bukan pertama kalinya Si Sulung ikut acara perkemahan yang diadakan di sekolahnya. Sebagai orang tua, awal-awal dulu melepas ia untuk acara menginap di sekolah ada rasa khawatir dan pemikiran berlebihan alias over thingking. Tapi kini setelah beberapa kali mengikuti acara serupa, rasanya sudah terbiasa melepas untuk kegiatan kemah dan bahkan banyak manfaat yang dirasakan dari program yang diikutinya.

Salah satu yang terasa setelah mengikuti acara seperti perkemahan ini adalah rasa percaya diri anak yang semakin berkembang karena ia telah diberi kesempatan untuk belajar bertanggung jawab dan menjalani keterampilan hidup secara mandiri. Perihal percaya diri pada anak ini banyak dibahas oleh pakar parenting Elly Risman yang rangkumannya bisa kita baca salah satunya di Blogger Parenting, Shafira Adlina.

Dalam satu artikel blognya yang berjudul Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak, Teh Shafira Adlina menjelaskan bahwa konsep percaya diri itu luas, di antaranya seperti self-esteem, kemandirian dan resilience. Dan fortunatelly konsep-konsep percaya diri yang dibahas tersebut sangat terasa vibe-nya dalam acara Qurani Camp yang diikuti Sang Anak.

Terima kasih tim panitia, ustadz, ustadzah yang telah memfasilitasi anak-anak untuk mengikuti Program Quranic Camp. Semoga mereka semakin dekat dengan Al-Quran dan juga semakin semangat untuk belajar dengan baik dan benar ketika mengajinya serta mudah-mudahan mereka semakin berkembang karakternya menjadi pribadi-pribadi yang percaya diri dengan Quran sebagai pegangan hidupnya.

Yonal Regen
Family man who love sharing about parenting, education, technology, and humanities. Find me at 26syafiqregen@gmail.com

Related Posts

2 komentar

sudut pandang vina mengatakan…
Program begini bagus banget bagi anak-anak sejak dini karena bisa membantu karakter yang dekat dengan Al-Qur'an. Tapi, aku juga berharap ada program seperti ini untuk orang dewasa, kadang kala memang orang dewasa jadi enggak dekat dengan Al Qur'an karena terlaalu sibuk
Angrumaoshi mengatakan…
Wah seru sekali ada Quranic Camp, bagus nih ditiru atau diadaptasi oleh sekolah-sekolah lainnya.