Belajar di Kafe untuk Persiapan Olimpiade IPA

1 komentar

Beberapa waktu lalu si sulung diamanahi untuk mengikuti olimpiade IPA oleh sekolahnya. Ini adalah kali kedua dia diikutkan untuk mengikuti kompetisi di bidang science ini.

Sebagai orang tua, kami mempersiapkan segala sesuatu semaksimal mungkin sesuai dengan kemampuan kami. Kita bekerja sama dengan guru pembimbing untuk mengawal proses pembelajaran menuju hari dilaksanakannya olimpiade IPA sang anak.

Kebetulan istri mengajar IPA juga, jadi kebetulan sangat terbantu untuk membimbing belajar di rumah dalam persiapan olimpiade ini. Tapi tak selalu formal sistem belajar yang kami terapkan, sekali waktu pernah juga si sulung dibawa ke kafe untuk makan siang dan belajar di sana. Dia sangat antusias bisa menikmati hidangan kesukaannya dan juga belajar dengan suasana yang berbeda dari biasanya.

Belajar di Kafe? Why Not!

Kafe biasanya identik dengan tempat nongkrong atau bersantai yang biasa dilakukan oleh anak-anak muda. Tapi saat ini banyak kafe yang menyesuaikan dengan target konsumennya. Tidak hanya untuk kalangan anak muda tapi juga family friendly dan bahkan beberapa di antaranya menyediakan fasilitas study lounge cafe.

Study Lounge Cafe adalah fasilitas yang disediakan oleh kafe untuk memenuhi kebutuhan belajar atau tugas para pelajar atau mahasiswa yang berkunjung ke sana baik perorangan maupun secara berkelompok. Fasilitas yang disediakan seperti koneksi wifi, dan fasilitas-fasilitas lainnya yang menunjang proses pembelajaran.

Kafe yang kita tuju adalah Sono Space yang terletak di Jalan Kadudampit KM. 03. Lokasi kafe ini tidak jauh dari tempat sekolah si Sulung.

Sono Space menjadi pilihan untuk tempat belajar persiapan si Sulung menjelang olimpiade IPA-nya karena sebelumnya pernah ke Sono Space ini bersama istri dan memang tempatnya nyaman sekali baik untuk bersantai dan juga buat belajar.

Untuk teman-teman yang suka berburu kuliner malam, Sono Space ini juga bisa menjadi referensi, apalagi di akhir pekan biasanya ada hiburan dari penampilan grup band musik yang bisa menemani acara menghabiskan malam-malam kita di Sono Space.

Menu di Kafe Sono Space untuk Menemani Belajar

Banyak menu pilihan di Sono Space yang bisa menjadi pilihan untuk menemani kita belajar, termasuk beberapa makanan kesukaan di Sulung.

1. Nasi Goreng Kambing

Nasi goreng kambing adalah salah satu makanan kesukaan si Sulung. Nasi goreng di Sono Space ini dilahap dengan mimik yang sangat menikmati olehnya.

Ketika ikut mencicipi nasi goreng kambing ini memang enak. Daging kambingnya tidak berbau menyengat khas daging kambing dan juga dagingnya lembut ketika digigit.

2. Mie Goreng Sea Food

Untuk menemani Kakak belajar, saya memesan nasi goreng sea food. Paling suka dengan acarnya yang segar banget. Kalau pelengkap sea food-nya memang kurang lengkap sih, but so far rasanya enak juga.

3. Jus Strawberry & Avocado Cream

Minuman yang kita pesan adalah jus strawberry dan avocado cream pilihan Kakak. Jus strawberry nya segar banget. Manisnya juga pas. Tidak berlebihan. Untuk avocado cream sempat nyicipin juga. Cream nya lembut dan rasa alpukatnya juga manisnya pas.

avocado cream

Harga Makanan di Sono Space

Untuk harga-harga menu di Sono Space masih termasuk reasonable. Kita makan berdua membayar di kisaran Rp150.000., cukup puas dengan rasa dan juga tempat yang nyaman banget untuk santai dan atau juga belajar.

Belajar untuk Persiapan Olimpiade IPA

Mengajak anak-anak untuk belajar di luar kelas sekolahnya menjadi salah satu PR yang memang harus disiasati setiap orang tua, begitu pun dengan kami. Tak selalu anak-anak mau dengan jadwal yang sudah disepakati bersama untuk belajar.

Butuh kefleksibelan dalam mengatur kurikulum pembelajaran anak-anak di rumah. Saya belajar dari salah satu artikel blog parenting nya Mbak Ivayana yang berjudul Merancang Kurikulum Anak Usia Dini bahwa memang  butuh beberapa pertimbangan dalam mengajak anak belajar, di antaranya seperti:

  • Menyesuaikan dengan minat dan bakat anak
  • Menggunakan bahan ajar yang menyenangkan
  • Waktu pelaksanaan yang fleksibel; dan
  • Berfokus pada proses

Mengajak anak untuk sekali-kali belajar di kafe adalah salah satu jalan saya pribadi untuk memberikan pengalaman berbeda. Mudah-mudahan menjadi waktu belajar yang menyenangkan buat anak karena bisa membuka-buka materi persiapan olimpiade sambil menyantap makanan favoritnya.

Setiap orang tua pastinya mempunyai cara belajar yang baik versi tersendiri dalam membuat kurikulum pembelajaran anak di rumah untuk mengajak anak-anak belajar dengan teknik masing-masing. Yang terpenting adalah baik anak maupun orang tua yang mendampingi dalam kondisi yang nyaman untuk sama-sama menjalankan prosesnya masing-masing.

Yonal Regen
Family man who love sharing about parenting, education, technology, and humanities. Find me at 26syafiqregen@gmail.com

Related Posts

1 komentar

RCD mengatakan…
masyaAllah memang penting sekali metode2 pembelajaran yang beranekaragam memnyesuaikan perkemabangan d era sekarang iini