Suatu Sore di Bakso Batok Sukabumi

Posting Komentar
bakso batok sukabumi

Sebelum berangkat umroh, istri mengajak untuk berziarah dulu ke makam almarhum Bapak Mertua. jadilah sore itu kita berangkat berdua ke tempat pemakaman umum yang letaknya tak terlalu jauh dari rumah, hanya sekitar 20 menit menuju ke sana.

Di akhir-akhir sedang berdoa di depan makam, hujan gerimis mulai turun. Kita menyelesaikan doa dan segera menepi untuk berteduh. Tapi tempat berteduh di sekitar pemakaman tidak terlalu nyaman, jadilah istri mengajak berteduh sambil mencari tempat makan di sekitar itu.

Kebetulan beberapa hari sebelumnya lewat jalan Kadudampit dan melihat banner Bakso Batok Sukabumi yang baru buka. Tempatnya tidak jauh dari Sono Space Kadudampit. Jadilah kita ke sana untuk berteduh dan menghangatkan badan dengan mencoba menu makanan yang ada di sana.

Bakso Batok Sukabumi

Disebut bakso batok karena penyajian makanan di sini menggunakan batok kelapa. Batok sendiri adalah tempurung dalam Bahasa Sunda.

Walaupun signature dish-nya Bakso Batok, kita kebetulan kemarin tidak memesannya, kita lebih tertarik ke beberapa menu lain yang ingin kita coba.

Menu di Bakso Batok Sukabumi

Selain bakso batok yang menjadi ciri khas dan menjadi nama brand dari tempat makan ini, banyak juga makanan lain yang bisa kita pesan. Minuman di Bakso Batok Sukabumi juga lumayan bervariatif, bahkan ada beberapa jenis minuman herbal juga yang bisa kita pesan.

1. Nasi Goreng Ayam

nasi goreng ayam

Menu pertama yang kita pilih adalah Nasi Goreng Ayam. Ini sebenarnya pilihan istri, tapi sempat icip-icip juga dan lumayan enak ternyata.

Penyajiannya unik, karena nasi gorengnya disimpan dalam piring yang ditutup dengan batok atau tempurung kelapa. Baru setelah dibuka tempurungnya, tampaklah nasi goreng pesanan kita.

2. Kwetiaw Seafood

Pesanan kedua yang kita order adalah kwetiaw seafood. Pas pesan ini kita lumayan dibuat harus bersabar ekstra, karena pesanan datangnya lama sekali.

Lucunya sambil kita menunggu kwetiau datang sembari mencoba-coba nasi goreng ayam yang datang lebih awal, itu pesanan belum datang juga sampai akhirnya tak terasa nasi gorengnya sampai habis sama kita berdua.

Karena waktu sudah menjelang magrib, kita tidak bisa lagi berlama-lama di tempat makan. Waktunya kita pulang, sedangkan si pesanan kwetiaw ini belum juga datang. Akhirnya kita bilang ke pelayannya kalau pesanannya sudah siap minta dibungkus saja, karena kita sudah sangat lama menunggu dan mau pulang. Beruntungnya si pelayan bergerak cepat ke dapur menginformasikan hal ini dan kembali lagi dengan membawa kwetiaw pesanan yang sudah dibungkus rapi.

3. Lemon Tea

Pilihan minuman favorit istri kalau di tempat makan selalu lemon tea. Tapi ia lebih prefer yang hangat, apalagi sore-sore pas hujan lagi. Mantap memang menikmatinya dalam suasana yang sangat mendukung.

4. Herbal Empon-empon

minuman di bakso batok sukabumi

Yang unik di bakso batok ini ada juga minuman jenis jamu-jamu atau herbal. Salah satu yang tersedia dan kita pilih adalah empon-empon.

Dalam gelas yang tersaji tampak jelas jenis-jenis tumbuhan herbal yang ada di dalamnya. Makin kuat dengan aroma yang dapat kita rasakan dari tanaman-tanaman berkhasiat yang ada didalamnya.

Jenis tumbuhan yang ada dalam ramuan empon-empon ini seperti kunyit, jahe, temu lawak, serai, dan juga kencur. Semua jenis tumbuhan rempah-rempah itu sangat bermanfaat untuk menghangatkan dan juga menyehatkan tubuh kita.

Harga di Mie Batok Sukabumi

Untuk makan kita berdua, harga yang dibayarkan kisaran seratus ribuan. Harga yang reasonable untuk 2 jenis makanan dan 2 minuman yang kita pesan.

Harga-harga makanan lainnya pun masih terjangkau. Porsi terkecil baksonya mulai dari 15.000-an saja.

Oh iya, karena kita datang ke Bakso Batok pas hari Jumat, ternyata ada promonya, kita dapat free 2 es teh manis karena memesan 2 paket makanan. Es teh ini juga datangnya belakangan, tak sempat kita cicipi, jadi kita bawa pulang saja buat anak-anak di rumah.

Fasilitas yang Tersedia

rak buku

Untuk yang bawa anak-anak, di Bakso Batok ini ada lemari yang menyediakan buku bacaan untuk anak-anak dan juga beberapa permainan edukasi yang bisa kita pakai selama waktu menunggu makanan.

fasilitas bakso batok sukabumi

Ada juga aquarium dengan ukuran yang lumayan besar. Bisa jadi hiburan melihat ikan-ikan hias di dalamnya selama menunggu menu pesanan kita.

Kesan Makan di Bakso Batok Sukabumi

Makanan dan minuman yang kita pesan lumayan enak. Tempatnya juga luas dengan pilihan tempat duduk yang beragam dan juga sekeliling dindingnya yang menggunakan kaca ekspos memberikan kesan yang luas.

Suasananya yang berada di lantai 2 menambah kesyahduan karena kita bisa menikmati pemandangan yang indah ala-ala Kadudampit yang terkenal dengan pemandangan hijau Gunung Gede-nya. Apalagi kita waktu itu makan di sore hari setelah turun hujan, pas sekali.

Pas kita datang suasananya memang sangat mendukung. Apalagi kita cuma datang berdua dan anak-anak dititip dulu sementara. Menikmati quality time sebelum perjalanan spiritual menuju rumah Allah.

Yang mungkin perlu diperbaiki dari pengalaman kita makan kemarin adalah waktu pemesanannya yang lama dan datangnya tidak berbarengan, sehingga makanan yang satu sudah habis dan yang lainnya belum datang juga.

Teman-teman yang penasaran dengan sensasi bakso yang disajikan dalam batok atau tempurung kelapa, bisa banget mencoba menjajal perjalanan rasa kalian di Bakso Batok Sukabumi yang berlokasi di jalan Kadudampit KM.03, tepatnya di samping Pom Bensin Kadudampit.

Untuk teman-teman yang mau berburu kuliner malam di sekitar Kadudampit Sukabumi, Bakso Batok Sukabumi bisa juga jadi rekomendasi. Tempat makan kekinian ini buka sampai jam 9 malam, ya.

Yonal Regen
Family man who love sharing about parenting, education, technology, and humanities. Find me at 26syafiqregen@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar