Menu Market Day Perayaan 17 Agustusan

Posting Komentar

Sewaktu perayaan 17 Agustusan di sekolah beberapa waktu lalu ada banyak acara yang diselenggarakan, di mana salah satunya market day. Ada banyak menu market day yang ternyata dijajakan di hari diselenggarakannya acara tersebut. 

Tentu saja acara market day jadi momen untuk berburu kuliner made in para guru dan juga siswa yang hari itu menjadi pengisi tenant jualan yang telah disiapkan oleh panitia. Jajanan yang variatif dan harga yang terjangkau membuat hampir semua menu market day hampir habis setelah acara selesai. 

Di tulisan kali ini kita akan bercerita dan berbagi bagaimana keseruan mengikuti acara market day di sekolah serta berburu jajanan di acara tersebut. Let's check these out!.

Apa yang Dimaksud dengan Market Day?

market day

Market Day bisa diartikan secara sederhana sebagai hari jualan. Untuk lingkungan sekolah, market day ini ditujukan untuk menumbuhkan bakat dan potensi seluruh warga sekolah di bidang wirausaha dengan difasilitasi program ini dengan cara berjualan produk-produk yang dimiliki.

Tujuan lain diadakannya market day adalah untuk mengenalkan kegiatan ekonomi kepada para siswa. Siapa tahu ada banyak bakat dan potensi dari para siswa di bidang wirausaha yang semakin tercerahkan dengan adanya program market day ini.

Menu Market Day di Sekolah

Perayaan HUT RI ke 78

Dengan banyaknya manfaat dari market day ini, maka panitia 17 Agustusan di sekolah memasukannya menjadi salah satu agenda yang akan diselenggarakan dalam mengisi rangkaian acara HUT Republik Indonesia ke 78 kemarin. Acara lainnya selain market day yang diadakan sekolah seperti perlombaan-perlombaan, jalan santai, dan tentu saja upacara detik-detik proklamasi.

Acara perayaan 17 Agutusan kemarin diadakan selama 3 hari dimulai dengan upacara detik-detik proklamasi pada 17 Agustus, dilanjutkan dengan perlombaan setelahnya sampai 18 Agustus dan terakhir pada 19 Agustus yaitu acara jalan santai dan juga market day.

Di acara puncak hari ketiga ini selain diadakan jalan santai dan market day, juga diadakan hiburan akustik dan pembagian door prize untuk seluruh siswa maupun guru yang beruntung yang mengikuti acara jalan santai dan juga mengunjungi stand market day.

Menu-menu yang tersaji di market day banyak diserbu para pembeli setelah selesainya jalan santai. Tentu saja setelah perjalanan yang lumayan menguras tenaga, menu-menu menggoda yang dijajakan di market day ini menjadi asupan makanan yang mengembalikan energi.

Apa saja menu market day di sekolah dalam rangka rangkaian acara 17 Agustusan kemarin? Berikut beberapa diantaranya

Markisa Squash

markisa squash

Panas-panas setelah selesai jalan santai emang paling cocok mencari minuman yang segar-segar. Makanya pas banget ide jualan dengan di market day dengan adanya jenis minuman seperti markisa squash ini.

Harganya cuma Rp5.000. Manisnya pas ditambah dengan rasa asam dari markisa juga tampilan menarik dengan ditambah biji selasih dan juga hiasan daun mint. Minuman ini satu di antara menu jajanan paling laku di acara market day.

Basreng

basreng

Basreng adalah singkatan dari bakso digoreng. Sebelum digoreng, bakso dipotong pipih seperti keripik sehingga rasanya menjadi sangat crunchy

Basreng yang dijual ada dua varian rasa. Original dan juga pedas. Melihat anak-anak yang jajan di market day sih kelihatannya lebih banyak memilih yang pedas.

Pempek Palembang

pempek palembang

Ada yang unik juga di antara menu jajanan di market day ini, di antara jajanan yang didominasi oleh menu sunda, ada makanan dari Palembang yaitu Pempek. Kebetulan ada famili guru yang berasal dari Palembang dan juga ikut membuka stand di acara market day ini dan menu yang dijual adalah Pempek.

Kebetulan istri suka sekali dengan pempek di sini, terutama rasa cuko nya yang sangat otentik. Rasa manis, pedas, dan juga asam di cuko nya benar-benar bikin segar saat disiramkan ke pempek nya.

Manfaat Market Day di Sekolah

Masih banyak menu-menu lain sebenarnya yang dijajakan di market day dalam rangka perayaan 17 Agustusan kemarin. Benar-benar jadi pelampiasan setelah keliling jalan santai bersama para siswa dan juga guru.

Di samping ikut memeriahkan acara perayaan 17 Agustusan, acara market day ini juga sebagai bahan pembelajaran bagi anak-anak dalam mengenal dunia entrepreneur. Kegiatan ini juga sebagai bentuk projek dan praktik dari beberapa mata pelajaran yang biasa diperdalam di kelas seperti ekonomi dan juga prakarya dan kewirausahaan.

Setelah acara selesai, lega rasanya melihat kegembiraan keluarga besar sekolah dalam menyukseskan rangkaian acara HUT RI ke 78. Semua acara berjalan dengan lancar dan menu-menu jajanan di market day hampir semuanya habis, alhamdulillah.

Harapan untuk sekolah, semoga tahun depan masih ada umur untuk mengadakan acara serupa atau bahkan lebih besar lagi dalam rangka menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia, dan tentu saja market day harus tetap ada di antara sekian susunan acara yang disiapkan.

Yonal Regen
Family man who love sharing about parenting, education, technology, and humanities. Find me at 26syafiqregen@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar