Wajah Asli Indonesia dari Jendela Kereta

Posting Komentar

kereta api Indonesia

Pernah menemukan kata-kata: Kalau ingin melihat wajah asli Indonesia, naiklah kereta dan lihatlah keluar jendela. Sepertinya kata-kata itu benar adanya, karena semenjak sering bepergian dengan menggunakan moda transportasi kereta api, terlihat jelas segala rupa Indonesia dengan segala bentuknya.

Banyak sekali pemandangan yang bisa kita lihat, kita nikmati, dan bahkan jadi bahan renungan tentang negeri kita ini. Ada rupa Indonesia yang modern, alam yang indah, dan juga di sisi lain ada kemirisan di mana masih banyak kemiskinan yang kita saksikan.

3 Pemandangan Indonesia yang Bisa Kita Saksikan dari Kereta

Kereta menjadi salah satu alat transportasi favorit saat ini, karena dengan menggunakannya kita tidak akan terkena macet dan jadwal yang relatif tepat waktu. Bonus lainnya dengan menggunakan kereta api, kita bisa melihat banyak pemandangan dari jendela kereta tentang rupa-rupa wajah negeri kita, Indonesia.

Berdasarkan pengalaman menggunakan kereta, setidaknya ada 3 pemandangan yang bisa kita tangkap dari jendela kereta. Let's check these out!

Indonesia yang Modern

Menggunakan Commuter Line dari Bogor ke Jakarta ataupun sebaliknya pasti kita disuguhi dengan deretan gedung-gedung tinggi dan pembangunan ala ibukota yang megah dan modern. Dari jendela kereta listrik ini kita akan melihat betapa Indonesia sudah sangat maju dan kekinian sekali.

Indonesia yang modernsumber: www.rri.co.id

Tidak hanya pemandangan gedung-gedung pencakar langit di Jakarta. Kemodernan Indonesia dapat dilihat dari jenis keretanya sendiri. Baru-baru ini Indonesia memperkenalkan kereta cepat pertama yang kita miliki sebagai kereta yang super canggih dan juga modern.

Kereta cepat yang diberi nama Whoosh ini dapat menghubungkan Jakarta dan Bandung hanya kurang dari 1 jam saja. Kecepatannya mencapai 350 KM/Jam.

Semoga kecanggihan bangunan dan kereta itu sendiri dapat dinikmati tidak hanya di pulau Jawa, tetapi bisa bertahap dibangun untuk seluruh wilayah Indonesia agar semua masyarakat dapat melihat dan merasakan bahwa Indonesia kini memang sudah modern.

Keindahan Alam Indonesia

Keindahan Alam Indonesiasumber: https://www.idntimes.com/news/indonesia/ucila

Saat menggunakan kereta api jalur Sukabumi Cianjur dan juga sebaliknya, sepanjang perjalanan kurang lebih 1 jam 30 menit ini disuguhi dengan pemandangan alam Indonesia yang sangat indah. Hamparan sawah yang menghijau dan deretan gunung-gunung di belakangnya menambah keestetikan sendiri alam Indonesia yang sungguh luar biasa.

Jalu Sukabumi Cianjur adalah salah satu contoh dari sekian jalur kereta api yang memberikan pemandangan indah sepanjang perjalanannya. Di banyak wilayah Indonesia yang dilewati jalur kereta api pastinya akan banyak sekali penampakan eksotisme Indonesia yang dapat dinikmati dari jendela kereta.

Contoh lain keindahan Indonesia di jendela kereta adalah saat pengalaman naik jalur dari Bandung ke Garut. Tak jauh dari keindahan alam ala Cianjur, Garut pun memberikan kesan tersendiri betapa bersyukurnya tinggal di Indonesia yang dianugerahi alam yang sangat indah.

Wajah Kemiskinan yang Masih Kentara

kereta api Indonesiasumber: https://www.kompasiana.com/megaguend

Pengalaman selanjutnya saat menggunakan kereta listrik dari Tanah Abang Jakarta Menuju Tangerang, Banten. Sepanjang perjalanan di kereta sangat jelas sekali masih banyak saudara-saudara kita yang masih berada dalam taraf ekonomi lemah.

Banyak gubuk-gubuk yang didirikan di samping rel kereta api. Kalau pun bentuknya bukan gubuk, sebagian ada yang sudah rumah non permanen seadanya yang kondisinya mengkhawatirkan.

Kita tidak bisa menapikkan memang masih banyak masyarakat Indonesia yang hidup dalam garis kemiskinan. Dari jendela kereta gambaran itu sangat jelas bagaimana mereka berjuang untuk hidup dengan bertahan seadanya.

Reformasi Kereta Api 

Awal-awal tahun 2000an masih merasakan bagaimana tidak nyamannya ketika menggunakan kereta api. Kasus pencopetan yang marak, pedagang asongan yang bebas keluar masuk, dan himpit-himpitan yang tak terkendali dari para penumpang kereta.

Kini dunia perkereta apian telah direformasi total dan menjadikan kereta menjadi salah satu alat transportasi yang layak dan nyaman digunakan untuk beperjalanan. Reformasi kereta api tidak akan lepas dari nama Ignasius Jonan, sosok Menteri Perhubungan saat Joko Widodo menjabat presiden di awal periode pertama.

Langkah berani dan kontroversialnya membuahkan hasil. Kini kereta api perlahan dan pasti banyak disukai masyarakat bukan hanya karena harga tiketnya lebih murah, tetapi juga kenyamanan selama di perjalanan dapat kita rasakan ketika menggunakannya.

Yuk Naik Kereta Api untuk Traveling dan Menjelajah Indonesia

Teman-teman yang di daerahnya dilewati jalur kereta api, yuk coba naik kereta api dan nikmati sensasi berada di dalamnya sembari melihat wajah Indonesia dengan beragam rupa. Yang suka traveling apalagi, kereta api bisa dijadikan transportasi dan mengabadikan every quarter miles journal dalam menjelajah setiap tempat-tempat menarik di Indonesia.

O iya, untuk mendapatkan tiket kereta saja saat ini sangat mudah dengan berbagai cara. Bisa dengan cara konvensional datang langsung ke stasiun kereta, pesan di Alfamart atau Indomart, dan yang paling gampang melalui aplikasi KAI Access yang bisa diunduh terlebih dahulu baik di Android maupun iOS. Dengan menggunakan aplikasi KAI Access tinggal klik-klik, bayar pakai e-money, selesai deh, tiket online sudah kita pegang dan barcode-nya tinggal dilihatkan pas masuk ke stasiun kereta api. Yuk tunggu apalagi, siapkan rencana jalan-jalanmu dengan kereta api!.

Yonal Regen
Family man who love sharing about parenting, education, technology, and humanities. Find me at 26syafiqregen@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar