Cara Memilih Niche Blog

7 komentar
cara memilih niche blog

Beberapa waktu lalu berkesempatan belajar bersama teman-teman anggota baru OBS atau ODOP Blogger Squad di Komunitas ODOP tentang pengenalan dunia blog. Tema yang dibawakan pada pekan ke tiga adalah tentang cara memilih niche blog yang sesuai dengan kita.

Senang rasanya bisa berbagi sedikit informasi tentang niche blog ini dengan para blogger yang baru menekuni dunia blogging. Semangat mereka untuk serius di dunia literasi digital dengan menggunakan platform blog layak diacungi jempol.

Apa yang Dimaksud dengan Niche Blog?

Niche blog bisa kita sebut sebagai topik atau tema pembahasan dalam suatu blog. Misalnya ketika kita menulis semua bahasan pendidikan di blog, maka berarti blog kita mempunyai niche pendidikan, atau ketika kita mengangkat tema khusus tentang traveling, maka blog kita mempunyai niche traveling.

Selain blog yang mempunyai niche yang spesifik seperti pendidikan atau traveling saja, ada juga blogger yang menulis berbagai tema atau bahasan dalam blognya, contohnya dalam satu blog ada bahasan tentang pendidikan, parenting, traveling, teknologi, literasi, dan lain sebagainya. Blog yang menulis beragam bahasan biasa disebut dengan niche lifestyle atau niche gado-gado.

niche blog

Akan sangat baik jika menyesuaikan niche yang kita pilih dengan kesesuaian judul, tagline, dan logo blog yang kita miliki. Contoh, blog yang membahas dunia bukunya salah satu Blogger dan penulis kenamaan, Mbak Jihan Mawaddah memilih nama domain pilihbuku.com yang berkorelasi dengan logo buku di blognya.

Bagaimana Cara Memilih Niche Blog?

Setiap niche, baik yang spesifik maupun lifestyle mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing. Intinya, ketika akan memutuskan untuk memilih niche atau tema yang akan kita tulis di blog, pilihlah yang nyaman dengan kita sebagai blogger.

Memilih niche blog yang sesuai pastinya akan membuat kita nyaman dalam menulis. Contohnya, orang yang bergelut dengan dunia pendidikan pastinya akan sangat nyaman menulis tentang hal-hal yang berhubungan dengan dunia pendidikan, dunia sehari-hari yang dijalaninya.

Sebagian orang ada juga yang merasa tertantang untuk keluar dari zona nyaman, tertantang untuk menulis tema blog di luar passion utamanya. Contohnya dokter anak yang terbiasa menginformasikan tentang dunia kedokteran dan kesehatan anak, tetiba menulis tentang pengalaman traveling keluarganya ketika berlibur. It's fine, no problem at all.

Baik menulis niche spesifik maupun lifestyle, faktor utama yang harus dipertimbangkan dalam memilih niche adalah kembali lagi pada kenyamanan, karena ketika kita menulis dengan nyaman, pasti akan membuat kita betah untuk menggeluti dunia blogging ini.

Kekurangan dan kelebihan Niche Blog Spesifik dan Lifestyle

Baik niche clog spesifik maupun lifestyle, keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Berikut beberapa kekurangan dan kelebihan keduanya.

Kelebihan dan Kekurangan Niche Spesifik

Untuk teman-teman yang memilih niche blog spesifik, kelebihannya adalah akan disukai dan lebih dipercaya oleh mesin pencari untuk direkomendasikan pada pencari informasi. Contohnya, ketika kita mencari informasi tentang kesehatan, mesin pencari pastinya akan memberikan rekomendasi pada situs atau blog yang memang concern membahas tentang kesehatan seperti halodoc dan alodokter.

Kelebihan lainnya adalah mudahnya untuk branding dengan niche blog spesifik. Contohnya blog teman blogger doktertaura.com akan sangat mudah dikenali sebagai seorang dokter, kemudian melalui tagline dan tulisan-tulisannya, kita akan mudah juga mengenali kalau ia adalah dokter spesialis anak.

Kekurangan blog dengan niche spesifik adalah ketika banyaknya tawaran kerja sama dengan blog kita dengan ragam tema, tetapi kita hanya mempunyai satu jenis tema bahasan yang ditulis, Tak mungkin kita memaksakan menulis tentang teknologi traktor di blog yang membahas parenting, misalnya.

Kelebihan dan Kekurangan Blog Lifestyle

Teman-teman Blogger yang memilih lifestyle sebagai niche blog, ada beberapa kelebihan yang bisa kita dapatkan, seperti:

  • Lebih banyak  kesempatan untuk kerja sama dengan berbagai brand yang sesuai dengan tema tulisan yang kita buat
  • Mudah menulis dengan banyaknya ide, bahan dan sumber untuk menulis 

Di samping kelebihan, ada juga kekurangan dari niche lifestyle atau gado-gado ini, diantaranya:

  • Lebih sulit untuk branding diri dibandingkan dengan niche khusus
  • Kurang dipercaya oleh mesin pencari dibandingkan dengan tulisan-tulisan di niche spesifik

Jadi, Niche Mana Pilihan Teman-teman?

memilih niche blog

Setelah tahu tentang apa itu niche, jenis, dan juga kekurangan dan kelebihannya, teman-teman blogger mau memutuskan niche apa di blog? Apa pun itu pilihannya, sekali lagi, pastikan pilihan kita adalah pilihan yang akan membuat kita nyaman selama menulis di blog.

Selamat memilih niche blog impian teman-teman, dan mari terus kita kembangkan dunia literasi kita dengan menulis sesuai passion yang akan memberikan kemanfaatan pada setiap pembaca blog kita. 

Yonal Regen
Family man who love sharing about parenting, education, technology, and humanities. Find me at 26syafiqregen@gmail.com

Related Posts

7 komentar

Phai Yunita S Wijaya mengatakan…
Nah aku termasuk yang mana ya? Dari niche parenting ke lifestyle yang campur aduk semuanya hahaha. Tapi akhirnya aku buat satu blog khusus Tema yang aku banget. Emang paling enak punya blog dengan niche khusus, lebih mudah dikenal dan jadi branding kita juga.
sudut pandang vina mengatakan…
Baca ini aku jadi inget perjalanan memilih niche blog, Pak, wkwk. Enggak spesial sih karena memang berangkat dari kesukaanku terhadap niche terkait. Tapi, setelah beberapa lama menggeluti blog dengan niche spesifik jadi belajar buat mendalami hal tersebut.
Heni Hikmayani Fauzia mengatakan…
saya berarti masuknya lifestyle yaa..soalnya gado gado isinya
Adi Pradana mengatakan…
niche blog adipraa gado2, masuknya lebih ke blog personal lifestyle yak
Tikno. mengatakan…
Kalau saya posting apa yang ada dalam pikiran saya. Gak tahu apa nichenya.
Dyah Kusuma mengatakan…
nicheku masih gado-gado nih duh malu aku, belum menentukanniche yang pas apa masih proses mengenali diri
Vinyl Rumah Sakit mengatakan…
Wahhh punyaku masih gado gado banget, masih kurang paham letak niche dimana, tetap semangat.