Dampak Pembangunan Tol Bocimi Tahap 3

1 komentar
jalan tol Bocimi

Pembangunan jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi atau disingkat Bocimi telah memasuki tahap 3. Pembangunan Tol Bocimi tahap 3 ini meliputi pembangunan jalan mulai dari Cibadak sampai Sukabumi yang diperkirakan akan selesai sampai akhir 2024.

Daerah Selajambe yang menjadi tempat tinggal kami menjadi salah satu wilayah yang terkena penggusuran untuk keperluan penggunaan pembangunan jalan tol ini. Banyak dampak yang terjadi setelah banyak rumah yang terkena penggusuran ini.

Sejauh proses penggusuran rumah, semuanya berjalan lancar karena semuanya mendapat ganti rugi yang telah disepakati. Banyak tetangga yang seperti kaya mendadak karena mendapat penggantian yang setimpal.

Hal-hal yang Terjadi pada Proses Pembangunan Tol Bocimi Tahap 3

Sukabumi menjadi salah satu kota di Jawa Barat yang mempunyai daya tarik pariwisata yang banyak diminati oleh masyarakat, baik dari Sukabumi sendiri maupun dari luar, termasuk Bogor dan Jakarta. Namun salah satu hambatan untuk sampai di destinasi wisata Sukabumi adalah kemacetan yang luar biasa, terutama di daerah Cicurug yang menjadi perbatasan Sukabumi Bogor.

Pembangunan jalan tol Bocimi yang sudah direncanakan semenjak lama akhirnya membawa angin segar akan terurainya kemacetan Bogor Sukabumi yang sudah melegenda. Masyarakat mayoritas mendukung pembangunan tersebut demi kebaikan bersama, termasuk juga masyarakat di tempat tinggal kami di Selajambe yang wilayahnya terkena proyek pembangunan jalan tol ini.

Pembangunan Tol Bocimi Tahap 3

Menjelang akhir tahun 2023 ini daerah Selajambe yang berada di bawah Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi mulai bersiap-siap menjadi salah satu daerah yang akan menjadi area jalan tol Bocimi. Nantinya jalan tol ini akan menjadi gerbang antara Bogor Sukabumi agar perjalanan lebih ringkas dibandingkan saat ini yang memakan waktu 4 sampai 5 jam imbas dari kemacetan di daerah-daerah yang banyak terdapat pabrik konveksi di sekitar jalan Sukabumi menuju Bogor.

Uang ganti rugi pun sudah banyak diterima masyarakat yang rumahnya terkena patok untuk dijadikan jalan tol Bocimi ini. Dengan banyaknya masyarakat yang menerima uang ganti rugi yang tidak sedikit, banyak hal terjadi selama proses persiapan pembangunan tol Bocimi tahap 3 ini.

Rumah-rumah Banyak Dibongkar

Rumah-rumah yang terkena pembangunan untuk jalan tol Bocimi mulai dibongkar menjelang akhir tahun 2023 ini. Banyak tetangga dekat yang terkena juga rumahnya untuk pembangunan jalan tol ini sehingga beberapa rumah yang dekat dengan kami secara hampir bersamaan banyak yang dirobohkan secara mandiri oleh para pemiliknya.

Sebenarnya tidak hanya rumah, karena wilayah Selajambe merupakan pusat peternakan ikan sehingga banyak kolam-kolam yang juga terkena imbas juga dari proses pembangunan jalan tol ini. Akhirnya kolam-kolam ikan pun banyak diratakan untuk kepentingan pembuatan jalan tol ini.

Rumah-rumah Baru Banyak Dibangun

dampak pembangunan jalan tol

Tetangga-tetangga yang terkena penggusuran tetapi masih punya lahan terdekat yang tidak kena patok jalan tol kembali membangun rumahnya tidak jauh dari tempat asalnya. Dana pembangunan rumah didapat dari ganti rugi rumah yang digusur.

Sebagian Tetangga Pindah Rumah

Tidak semua tetangga kembali membangun rumah di sekitar daerah Selajambe setelah rumahnya digusur. Beberapa diantaranya pindah ke daerah lain dan membeli rumah baru. Ini lumayan menyedihkan, satu per satu tetangga mulai berkurang karena mereka berpindah ke daerah baru setelah rumahnya dirobohkan. Tetangga yang biasa kita sambangi untuk bermaaf-maafan di tradisi lebaran kini mulai berkurang karena menempati kediaman-kediaman barunya di daerah lain.

Beberapa Tetangga Melaksanakan Ibadah Umroh

Banyak juga masyarakat sekitar Selajambe yang mendapatkan ganti rugi dengan nominal yang luar biasa karena luasnya tanah yang terpakai untuk pembangunan jalan tol Bocimi ini. Dari banyaknya uang ganti rugi yang diterima, beberapa dari mereka menggunakannya untuk pergi umroh bersama keluarga. Tidak 1, 2 saja, tetapi memang ternyata lumayan banyak tetangga yang pergi umroh hasil dari dana ganti rugi yang diterimanya

Harapan untuk Pembangunan Tol Bocimi Tahap 3

Proses pembangunan jalan Tol Bocimi sejauh ini berjalan lancar. Mulai dari proses pematokan, ganti rugi tanah dan bangunan, sampai perobohan bangunan pun berjalan aman.

Semoga selanjutnya proses pembangunan jalan tol tahap 3 mulai dari daerah Cibadak sampai Sukabumi dapat berjalan dengan lancar dan akhirnya benang kusut kemacetan Sukabumi Bogor dapat terurai dengan dapat digunakannya tol Bocimi seutuhnya sehingga cerita perjalanan Sukabumi Bogor dari yang stress karena selalu macet luar biasa menjadi perjalanan yang lancar dan menyenangkan.

Yonal Regen
Family man who love sharing about parenting, education, technology, and humanities. Find me at 26syafiqregen@gmail.com

Related Posts

1 komentar

Edot Herjunot mengatakan…
Ganti rugi jalan tol itu katanya gede banget ya, dan memang nggak ada pilihan lain selain nerima karena memang tanahnya mau dibuat jalan tol. Sedihnya ya emang itu, mau nggak mau harus pindah